Hubungan minat baca dengan motivasi memilih program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah mahasiswa tingkat I Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Budi Setyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat baca dengan motivasi memilih program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah mahasiswa tingkat I Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Budi Setyarini

Setyarini, Budi (2012) Hubungan minat baca dengan motivasi memilih program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah mahasiswa tingkat I Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Budi Setyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat baca motivasi memilih Program Studi. Membaca merupakan hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja karena dengan membaca akan diperoleh pengetahuan pengertian daya pikir dan memperoleh sikap hidup yang baik untuk menjadi warga negara yang berguna bagi masyarakat. Sedangkan motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan mahasiswa dalam menguasai mata kuliah yang ditempuhnya. Motivasi sangat berperan dalam rangka pencapaian tujuan. Suatu perbuatan akan berhasil bila didasarkan motivasi pada diri seseorang tersebut. Seseorang dapat dipaksa untuk melakukan suatu perbuatan tetapi ia tidak mungkin dipaksa untuk menghayati perbuatan itu sebagaimana mestinya. Begitu pula dalam memilih Prodi tanpa adanya minat baca dan motivasi dari diri mahasiswa untuk mempelajari Prodi yang akan ditempuhnya maka dia akan sulit untuk mempelajari matakuliah yang ditempuhnya di program studi (Prodi) yang telah dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat baca dengan motivasi memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa tingkat I Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah dengan sampel berjumlah 32 mahasiswa yang diperoleh dengan metode proporsional random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan bantuan software program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) korelasi antara faktor personal minat baca dengan faktor internal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 menghasilkan nilai r 0 756 p 0 000 0 05 berarti ada hubungan signifikan antara faktor personal minat baca dengan faktor internal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 (2) korelasi antara faktor institusional minat baca dengan faktor internal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 menghasilkan nilai r 0 697 p 0 000 0 05 berarti ada hubungan signifikan antara faktor institusional minat baca dengan faktor internal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 (3) korelasi antara faktor personal minat baca dengan faktor eksternal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 menghasilkan nilai r 0 763 dengan p 0 000 0 05 berarti ada hubungan signifikan antara faktor personal minat baca dengan faktor eksternal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 (4) korelasi antara faktor institusional minat baca dengan faktor eksternal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 menghasilkan nilai r 0 672 dengan p 0 000 0 05 berarti ada hubungan signifikan antara faktor institusional minat baca dengan faktor eksternal motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 dan (5) korelasi antara faktor-faktor minat baca dengan faktor-faktor motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011 menghasilkan nilai Rhitung 0 839 Rtabel 0 449 p 0 000 dan nilai R2 0 704 berarti ada hubungan signifikan dan sumbangan 70 4% dari minat baca dengan motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah tingkat I angkatan 2011. Dari hasil penelitian dapat disarankan bagi calon mahasiswa agar (1) memperhatikan minat baca sesuai dengan faktor-faktor minat baca untuk menentukan Program Studi di Jurusan Sastra Indonesia karena sesuai dengan minat efektivitas studi bisa dicapai dengan baik dan proses studi bisa lebih lancar (2) bisa menyiasati perkembangan proses studinya dan (3) mengembangkan potensi diri terhadap berbagai matakuliah khususnya untuk matakuliah mayor dan minor secara lebih optimal. Diharapkan kepada Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah ketika menjaring mahasiswa baru memperhatikan minat baca calon mahasiswa dengan cara interview. Bagi guru disarankan untuk mengondisikan minat baca siswa melalui berbagai kegiatan pembelajaran membaca. Minat baca dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat bermanfaat bagi studi lanjut. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih banyak menggali atau meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi memilih Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Tujuannya agar diperoleh hasil penelitian yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142995

Actions (login required)

View Item View Item