Karangan argumentasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Faridatul Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Karangan argumentasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Faridatul Umami

Umami, Faridatul (2012) Karangan argumentasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Faridatul Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci karangan argumentasi SMK. Karangan argumentasi merupakan tulisan yang berusaha mengungkapkan ga gasan pendapat ide atau kebenaran mengenai sesuatu yang disertai dengan bukti sehingga tampak kelogisan. Suatu karangan di ma suk kan dalam kategori karangan argumentasi jika bertolak dari masalah atau isu yang bersifat kon tro ver si. Isu yang bersifat kontroversi didasarkan asumsi penulis bahwa ada pi hak yang tidak setuju dengan pendapatnya. Berkenaan dengan isu ter sebut pe nulis berusaha menjelas kan posisinya dan memberikan alasan-alasan yang logis untuk meyakin kan pendapatnya. Dengan demikian argumentasi harus me nga n dung fakta dan kelogisan. Bergitu pula dengan wujud dan po la peng ungkapannya. Selain itu un-sur pembangun penalaran juga harus terlihat se bagai syarat sebuah ka ra ngan argumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mendes kripsikan karangan argumentasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang. Deskripsi yang dimaksud tentang karakteristik argu-men wujud argumen pola argumen dan unsur pembangun penalaran pada kara-ngan argumentasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pene-li ti an berupa data verbal berwujud karang an argumentasi yang diklasifi ka si kan berdasarkan aspek yang diteliti. Sumber data penelitian adalah karangan argu men-tasi siswa kelas XI SMKN 12 Malang yang berjumlah 70 orang dan berasal dari dua kelas yang berbeda. Teknik peng um pul an data dila kukan dengan tes menulis. Instrumennya berupa lembar ke r ja siswa yang se be lum nya telah didiskusikan de-ng an dosen pembimbing se da ngkan untuk keab sa han data melakukan diskusi dengan ahli untuk mem be ri kan komen tar terhadap da ta dan temuan penelitian dan menggunakan ba han re fe rensi yang bertujuan untuk data pendukung. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama karakteristik argumen pada ka-rangan argumentasi siswa. Tiap karangan siswa memiliki karakteristik ar gumenta si berupa claim ground support dan warrant sedangkan unsur qualifier tidak banyak ditemukan pada karangan argumentasi siswa. Kedua wu jud argu men pada ka rang an argumentasi siswa. Wujud argumen pada karangan argu men tasi siswa terdapat (1) genus (2) sebab-akibat (3) perbandingan (4) per tentangan. Selain itu dalam satu karangan juga terdapat dua wujud sekaligus yaitu (1) genus dan sebab-akibat (2) pertentangan dan genus. Ketiga pola argu men pada karang an argumentasi siswa. Pola yang digunakan adalah induktif dan deduktif yang masing-masing memiliki varian berbeda. Pada pola induktif dite mu kan vari an generalisasi hipotesis dan hubungan kausal. Generalisasi yang ditemukan adalah gene ra lisasi tanpa loncatan induktif dan hubungan kausal yang ditemukan adalah sebab-akibat sedangkan yang berpola deduktif hanya ditemu kan varian berupa entimem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142992

Actions (login required)

View Item View Item