Peningkatan ketrampilan berwawancara bahasa Jawa krama dengan media audio visual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Wisseman Hilmi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan ketrampilan berwawancara bahasa Jawa krama dengan media audio visual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Wisseman Hilmi Kusuma

Kusuma, Wisseman Hilmi (2012) Peningkatan ketrampilan berwawancara bahasa Jawa krama dengan media audio visual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang / Wisseman Hilmi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berwawancara bahasa Jawa krama media audio visual Data yang diperoleh dari studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berwawancara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMPN Satu Atap Merjosari Malang Tahun Ajaran 2011/2012 masih rendah. Siswa belum mampu berwawancara bahasa Jawa krama dengan baik dan menggunakan kosakata krama yang sesuai dengan unggah-ungguh basa. Oleh karena itu penggunaan media yang tepat dan menyenangkan dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan berwawancara bahasa Jawa krama siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang setelah menggunakan media audio visual (2) bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran berwawancara SMP Negeri Satu Atap Merjosari setelah menggunakan media audio visual dan (3) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari setelah menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berwawancara bahasa Jawa krama siswa kelas VIIA SMPN Satu Atap setelah menggunakan media audio visual (2) mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran berwawancara bahasa Jawa krama pada SMPN Satu Atap Merjosari Malang setelah menggunakan media audio visual dan (3) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa SMPN Satu Atap setelah menggunakan media audio visual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data berupa teknik deskripstif kualitatif dan deskriptif persentase. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis proses pembelajaran dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis keterampilan berbicara bahasa Jawa krama siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berwawancara bahasa Jawa ragam krama dari kemampuan awal saat postes studi pendahuluan ke siklus I sebesar 22 4% siklus I ke siklus II sebesar 15 4% dan dari postes studi pendahuluan ke siklus II sebesar 67 4%. Hasil analisis data observasi dan catatan lapangan menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran yang ditunjukkan siswa kelas VIIA SMPN Satu Atap Merjosari Malang yaitu siswa menjadi aktif dalam pembelajaran berwawancara bahasa Jawa krama. Berdasarkan wawancara motivasi belajar siswa juga meningkat setelah digunakan media audio visual. Selain itu dengan media audio visual siswa menjadi paham bagaimana berwawancara krama sesuai dengan unggah-ungguh basa. Dari hasil penelitian ini saran peneliti adalah penggunaan media ii audio visual dapat menumbuhkan minat dan kemampuan siswa dalam berbicara sehingga perlu dipertimbangkan penggunaannya dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa khususnya berbicara bahasa Jawa krama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142984

Actions (login required)

View Item View Item