Perancangan graphic novel adaptasi buku catatan seorang demonstran bagi mahasiswa / Suriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan graphic novel adaptasi buku catatan seorang demonstran bagi mahasiswa / Suriyanto

Suriyanto (2015) Perancangan graphic novel adaptasi buku catatan seorang demonstran bagi mahasiswa / Suriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suriyanto. 2014. Perancangan Novel Grafis Adaptasi Buku Catatan Seorang Demonstran Bagi Mahasiswa . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr Hariyanto M.Hum (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn. M.Sn. Kata Kunci Novel grafis Memoar grafis Catatan Seorang Demonstran Soe Hok Gie Indonesia 1960. Catatan Seorang Demonstran merupakan buku non-fiksi yang berisi catatan kejadian milik Soe Hok Gie (1942 - 1969) seorang aktivis yang hidup di era orde lama. Sosok Gie diceritakan sebagai seorang pemuda yang berprofesi sebagai mahasiswa. Gie memiliki sifat tegas berani dan jujur namun terdapat pula sisi melankolis dan humanis selayaknya pemuda pada umumnya. Peranacngan ini mengadopsi buku Catatan Seorang Demonstran ke dalam bentuk novel grafis yang lebih menarik dan mudah tersampaikan dibandingkan buku tekstual hal ini bertujuan agar pembaca mampu meneladani figure Soe Hok Gie dalam hal nasionalisme dan semangat kepemudaan. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yaitu menggunakan langkah-langkah yang berurutan terstruktur dan logis dalam menghasilkan produk. Sistematika perancangan ini merujuk pada sistematika Bruce Acher. Target audience adalah pembaca mahasiswa dengan rentang usia 18 sampai 24 tahun. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari kepustakaan dan data lapangan. Hasil perancangan ini adalah novel grafis dengan genre graphic memoir berjudul Memento Mori . Naskah cerita berupa kata-kata yang dikutip dari naskah Catatan Seorang Demonstran disertai ilustrasi digital bergaya ekspresionis. Novel grafis ini dibagi menjadi enam chapter untuk memudahkan pembagian jalan cerita. Untuk perancangan berikutnya disarankan untuk mencari banyak sumber data serta referensi yang relevan untuk mendukung perancangan berikutnya menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item