Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Sukodadi Lamongan dengan metode paper in the box / Muhammad Nuhan Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Sukodadi Lamongan dengan metode paper in the box / Muhammad Nuhan Fathoni

Fathoni, Muhammad Nuhan (2012) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Sukodadi Lamongan dengan metode paper in the box / Muhammad Nuhan Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca Pemahaman Gagasan Utama pertanyaan Model Pembelajaran Paper In the Box Membaca pemahaman adalah salah satu dari jenis-jenis membaca. Membaca pemahaman digunakan untuk memahami bacaan secara lebih dalam. Dalam KTSP mata pelajaran bahasa Indonesia tahun 2006 untuk jenjang SMP kelas VII semester II terdapat kompetensi dasar yang berkaitan dengan keterampilan membaca pemahaman yaitu menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan pada saat studi pendahuluan ditemukan beberapa permasalahan dalam pemahaman siswa terhadap teks. Di antara permasalahannya adalah tidak adanya langkah-langkah yang jelas dalam menemukan gagasan utama serta terlalu monoton proses pembelajaran yang menyangkut dengan tes detail-detail isi. Hal ini menyebabkan siswa terlihat malas seperti tidak memperhatikan dan kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari hasil tes menemukan gagasan utama pada pratindakan diketahui bahwa hanya terdapat 3 dari 17 siswa yang mendapat skor di atas SKM. Persentase keberhasilan menemukan gagasan utama siswa kelas VII MTsM 20 Sukodadi sebanyak 17 65%. Permasalahan tersebut dapat diatasi apabila guru menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan membaca pemahaman. Salah satunya adalah model pembelajaran Paper In the Box. Metode Paper In the Box adalah metode yang mengajarkan membaca pemahaman melalui pertanyaan. Model pembelajaran Paper In the Box merupakan salah satu cara yang memudahkan siswa untuk memahami detail-detail isi bacaan karena siswa membuat dan menjawab sendiri pertanyaan berkaitan dengan teks yang dibaca. Selain itu model pembelajaran Paper In the Box juga dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar dengan cara bertanya dan menjawab. Untuk bertanya siswa diwajibkan menulis sebuah pertanyaan dalam satu buah kertas berwarna (warna kertas sesuai dengan kelompok) kemudian siswa juga disuruh menjawab pertanyaan dari siswa lain (kertas dengan warna yang berbeda). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data utama dalam penelitian ini berupa data verba hasil tes membaca pemahaman berupa menemukan gagasan utama dan menjawab soal. Data proses dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru dan siswa observasi dan dokumentasi berupa foto-foto yang mendukung. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara catatan lapangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan rubrik peskoran. Analisis data melalui tahap persiapan tabulasi dan penarikan kesimpulan. ii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Paper In the Box dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Sukodadi Lamongan. Kemampuan siswa mengalami peningkatan secara bertahap dan mencapai hasil yang optimal pada siklus II. Peningkatan tersebut berupa peningkatan proses dan hasil. Peningkatan proses meliputi perhatian dan keaktifan. Pada kategori perhatian siswa pada saat studi pendahuluan termasuk kualifikasi kurang perhatian siswa pada siklus I mengalami peningkatan dan termasuk kualifikasi baik serta perhatian siswa mengalami peningkatan yang optimal pada siklus II dan termasuk kualifikasi baik. Pada kategori keaktifan siswa pada saat studi pendahuluan termasuk kualifikasi kurang keaktifan siswa pada siklus I mengalami peningkatan dan termasuk kualifikasi cukup serta keaktifan siswa mengalami peningkatan yang optimal pada siklus II dan termasuk kualifikasi baik. Peningkatan hasil dapat diperoleh setelah dilakukan refleksi tindakan yang kemudian diwujudkan dalam perbaikan tindakan. Kesalahan pada siklus I adalah (1) guru tidak menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menemukan gagasan utama yang benar (2) siswa tidak mencatat pokok-pokok penting ketika membaca (3) guru tidak memberikan arahan yang jelas tentang pertanyaan seperti apa yang harus dibuat siswa (4) pertanyaan yang dibuat siswa pada metode Paper In the Box hanya seputar melanjutkan kalimat (5) siswa kurang percaya diri dalam membuat pertanyaan pada metode Paper In the Box. Setelah dilakukan perbaikan tes menemukan gagasan utama dan menjawab soal meningkat. Peningkatan tes menemukan gagasan utama dapat dilihat dari skor rata-rata siswa sejak studi pendahuluan sampai dengan siklus II. Skor rata-rata siswa pada studi pendahuluan adalah 53 24. Skor rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 6 47 poin yaitu 59 71. Skor rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang optimal sebesar 26 54 poin yaitu 86 25. Peningkatan menjawab soal dapat dilihat dari skor rata-rata siswa sejak studi pendahuluan sampai dengan siklus II. Skor rata-rata siswa studi pendahuluan adalah 58 82. Skor rata-rata siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9 71 poin yaitu 68 53. Skor rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang optimal sebesar 9 47 poin yaitu 78. Persentase keberhasilan siswa dalam membuat pertanyaan pada siklus I adalah 47 06% (8 dari 17 siswamembuat pertanyaan dengan benar). Pada siklus II naik menjadi 80% (16 dari 20 siswa membuat pertanyaan dengan benar). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Paper In the Box dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa. Peningkatan proses meliputi perhatian dan keaktifan sedangkan peningkatan hasil meliputi menemukan gagasan utama dan menjawab soal sehingga perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142978

Actions (login required)

View Item View Item