Hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi skswa kelas XI SMA Widya Gama Malang / Paramita Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi skswa kelas XI SMA Widya Gama Malang / Paramita Kusuma Wardani

Wardani, Paramita Kusuma (2012) Hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi skswa kelas XI SMA Widya Gama Malang / Paramita Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat menulis resensi kemampuan menulis resensi Pada penelitian ini masalah yang dibahas meliputi minat menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang dan hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang kemampuan menulis resensi kelas XI SMA Widya Gama Malang dan ada tidaknya hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang. Pada penelitian ini kemampuan menulis resensi dibatasi pada kemampuan menulis resensi novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPS SMA Widya Gama Malang. Jumlah seluruh siswa adalah 23 siswa. Oleh karena itu sampel penelitian ini yaitu seluruh anggota populasi yang ada. Besar pengambilan sampel sesuai dengan jumlah populasi yang ada di kelas XI SMA Widya Gama Malang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup dan tes tertulis mengenai resensi. Instrumen angket tertutup dengan enam indikator diperoleh dari pengembangan peneliti sendiri berdasarkan rujukan dari teori Lucas Britt yang digunakan untuk mengetahui minat menulis resensi. Instrumen tes tertulis berupa pertanyaan subjektif digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis resensi. Tes kemampuan menulis resensi diberikan kepada sampel penelitian untuk membuat sebuah resensi dengan menggunakan novel yang telah dibaca. Hasil penelitian ini adalah (1) minat menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang tergolong tinggi dengan rentang skor 62 80 sebesar 60 87% (2) kemampuan menulis resensi siswa kelas XI SMA Widya Gama Malang tergolong tinggi dengan rentang skor 67 86 sebesar 60 87% dan (3) hubungan minat menulis resensi dengan kemampuan menulis resensi menunjukkan bahwa jika minat menulis resensi tinggi maka kemampuan menulis resensi juga tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rhit 0 963 dan dikonsultasikan ke rtab 0 413 pada sampel 23 siswa. Dapat disimpulkan bahwa rhit sebesar 0 963 lebih besar daripada rtab 0 413 atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0 000 0 050). Besarnya korelasi yaitu 0 963 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut cukup erat dan bertanda positif. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan (1) guru Bahasa Indonesia hendaknya lebih memperhatikan minat menulis resensi siswa yang diwujudkan dengan kemampuan menulis resensi siswa (2) siswa hendaknya dapat mengelola minat menulis resensi yang ada di dalam dirinya sendiri secara baik dan bijak karena minat menulis resensi terbukti mempunyai hubungan yang erat dengan kemampuan menulis resensi siswa (3) peneliti selanjutnya hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian mengenai minat menulis resensi dan kemampuan menulis resensi dengan wilayah populasi lain atau mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan kemampuan menulis resensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142977

Actions (login required)

View Item View Item