Kemampuan berpikir kritis yang tecermin dalam keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang / Dewi Nurnika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan berpikir kritis yang tecermin dalam keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang / Dewi Nurnika Sari

Sari, Dewi Nurnika (2012) Kemampuan berpikir kritis yang tecermin dalam keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang / Dewi Nurnika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci berpikir kritis membaca kritis. Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Melalui kegiatan membaca seseorang mendapatkan informasi pengetahuan dan juga hiburan. Ketika membaca kritis siswa tidak sekedar membaca saja namun siswa harus membaca secara kritis terhadap bacaan yang dibacanya agar siswa memahami isinya. Terdapat beberapa tingkatan membaca pemahaman yaitu membaca literal membaca kritis dan membaca kreatif. Pada jenjang pendidikan SMA siswa dituntut untuk mampu membaca kritis. Kegiatan membaca kritis sepenuhnya melibatkan kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pendidikan yang memerlukan latihan-latihan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah kemampuan membaca kritis siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang dan bagaimanakah kualitas kemampuan berpikir kritis yang tecermin dalam keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Almaarif Singosari Malang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Almaarif Singosari Malang semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 211 siswa yang terdiri atas 5 kelas. Sementara sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Penentuan kelas dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik acak yang disesuaikan dengan jadwal mengajar guru. Langkah pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua tahapan. Pertama melakukan uji instrumen di kelas XI IPA 2 yang berjumlah 35 siswa. Hasil dari uji instrumen tersebut dianalisis dan diperbaiki. Kedua melakukan uji pengambilan data di kelas XI IPA 1. Setelah dilakukan tes data diolah menggunakan teknik persentase. Hasil pengolahan data tersebut diklasifikasikan berdasarkan tingkat kemampuan membaca kritis dan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama kemampuan membaca kritis yang mengurai tentang persentase kurang mampu membaca kritis dalam menentukan gagasan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 55% menemukan fakta dan opini dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 47 5% mengurutkan unsur urutan bacaan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 52 5% menemukan informasi faktual dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 67 5% menemukan ide pokok yang tersirat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 53 33% merevisi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 50% membuat kesimpulan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 55%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan kurang mampu membaca kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 54%. Kemampuan membaca kritis yang mengurai tentang persentase cukup mampu membaca kritis dalam menemukan fakta dan opini dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 60 8% mengurutkan unsur urutan bacaan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62 5% menemukan informasi faktual dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 58 33% merevisi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62 5% membuat kesimpulan dengan perolehan nilai rata-rata 60%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan cukup mampu membaca kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 60 8%. Kemampuan membaca kritis yang mengurai tentang persentase mampu membaca kritis dalam menentukan gagasan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71 6% menemukan fakta dan opini dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 67 5% menemukan ide pokok yang tersirat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 70% dan membuat kesimpulan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 72 5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan mampu membaca kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 70 4%. Kedua kualitas kemampuan berpikir kritis yang mengurai tentang persentase kurang kritis untuk indikator mengaplikasikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 53 3% menganalisis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 51% mengevaluasi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 51 6% dan mengkreasikan/membuat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 56 25%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan kurang kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 53%. Kualitas kemampuan berpikir kritis yang mengurai tentang persentase cukup kritis untuk indikator mengaplikasikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 64 1% menganalisis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 61 35% mengevaluasi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62% dan mengkreasikan/membuat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62 5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan cukup kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 62 4%. Kualitas kemampuan berpikir kritis yang mengurai tentang persentase kritis untuk indikator mengaplikasikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80% menganalisis dengan perolehan nilai rata-rata 68 3% mengevaluasi dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 70% dan mengkreasikan/membuat dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 67 5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Almaarif Singosari Malang secara keseluruhan dinyatakan kritis dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142971

Actions (login required)

View Item View Item