Nurhasanah, Siti (2012) Pengembangan bahan ajar membaca dan menulis teks percakapan untuk siswa kelas V SD / Siti Nurhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan bahan ajar membaca dan menulis teks percakapan. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Bahasa dipelajari dengan tujuan menjadikan siswa terampil berbahasa khususnya berbahasa Indonesia. Pada kenyataannya keempat aspek keterampilan berbahasa Indonesia belum diajarkan secara maksimal khususnya pada pembelajaran keterampilan membaca dan menulis. Berdasarkan observasi peneliti yang dilakukan di SD Negeri Pandanwangi 4 Malang pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis teks percakapan menghasikan tiga temuan. Pertama hasil angket prapengembangan siswa menunjukkan bahwa sebagian siswa kesulitan memahami materi membaca dan menulis teks percakapan. Terdapat indikasi rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa khususnya membaca dan menulis teks percakapan. Kedua bahan bacaan siswa terbatas pada buku pedoman bahan ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS) belum memenuhi ketercapaian pemahaman unsur teks percakapan. Ketiga hasil angket guru mata pelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa bahan pembelajaran siswa belum cukup. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan bahan ajar yang baik yaitu mengembangkan isi bahan ajar penyajian bahan ajar bahasa bahan ajar dan tampilan bahan ajar untuk siswa kelas V sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983 775). Metode pengembangan terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi produk. Pelaksanaan pengembangan dilakukan berdasarkan temuan analisis kebutuhan yang dilakukan pada tahap prapengembangan. Selanjutnya produk hasil pengembangan diujicobakan untuk mengetahui kelayakan produk yaitu melalui (1) ahli materi dan ahli pembelajaran (2) praktisi (guru Bahasa Indonesia) dan (3) siswa kelas V SD. Data penelitian pengembangan ini berupa data verbal dan data nonverbal. Data verbal dibedakan menjadi data tulis dan data lisan. Data tulis berupa catatan komentar kritik dan saran yang ditulis oleh subjek coba pada lembar penilaian. Data verbal lisan berupa informasi lisan yang diperoleh ketika berwawancara dengan ketiga kelompok uji. Data nonverbal berupa data numerik atau skor yang diperoleh dari hasil uji coba yaitu (1) uji coba yang dilakukan kepada ahli materi dan ahli pembelajaran yaitu Bapak Dr. Roekhan M.Pd yang merupakan sekretaris jurusan dan dosen jurusan sastra Indonesia di Universitas Negeri Malang (2) uji praktisi yang dilakukan kepada guru Bahasa Indonesia yaitu Ibu Nuryati S.Pd yang merupakan guru Bahasa Indonesia di SD Negeri Pandanwangi 4 Malang dan (3) uji siswa yang dilakukan kepada siswa yaitu 15 siswa kelas V SD Negeri Pandanwangi 4 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lima instrumen yaitu angket prapengembangan untuk guru angket prapengembangan untuk siswa lembar angket uji ahli materi dan ahli pengembangan lembar angket praktisi dan angket uji siswa. Analisis data hasil uji coba dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan menjadi data tertulis (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasi data verbal tulis dan verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data serta merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan sebagai pertimbangan harus direvisi atau diimplementasi. Perbaikan dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari ahli yang disampaikan secara lisan dan tertulis. Berdasarkan uji produk diperoleh hasil sabagai berikut. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada ahli sebesar 76.56%. Ahli memberikan saran dan komentar untuk penyempurnaan bahan ajar. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada praktisi sebesar 96.88%. Praktisi memberikan catatan untuk penyempurnaan bahan ajar. Rata-rata hasil uji bahan ajar kepada siswa sebesar 82.32%. Siswa memberikan saran untuk penyempurnaan tampilan bahan ajar. Hasil penelitian yang diperoleh berupa produk bahan ajar yang disusun berdasarkan pemilihan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut. SK memahami teks dengan membaca teks percakapan membaca cepat 75 kata per menit dan membaca puisi dengan KD membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan SK mengungkapkan pikiran perasaan informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan surat undangan dan dialog tertulis dengan KD menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri dari empat bagian pelajaran. Masing-masing unit pelajaran menjabarkan dua indikator yang harus dikuasai siswa. Pada bagian akhir terdapat uji kompetensi yang bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi dan kompetensi yang diajarkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk bahan ajar ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam pembelajaran keterampilan membaca dan menulis teks percakapan. Bagi guru hasil penelitian pengembangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran membaca dan menulis teks percakapan. Bagi siswa hasil penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif bahan untuk belajar. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan bahan ajar ini diharapkan dapat dijadikan prosedur pengembangan bahan ajar dengan materi yang berbeda. Produk pengembangan dapat disebarluaskan melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ditulis dalam jurnal penelitian disebarkan melalui penerbit buku dan perpustakaan fakultas sastra.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |