Validitas isi dan ketetapan konstruksi butir tes soal ujian nasional bahasa Indonesia SMA/MA tahun pelajaran 2011/2012 / Masyrifatul Khairiyyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Validitas isi dan ketetapan konstruksi butir tes soal ujian nasional bahasa Indonesia SMA/MA tahun pelajaran 2011/2012 / Masyrifatul Khairiyyah

Khairiyyah, Masyrifatul (2012) Validitas isi dan ketetapan konstruksi butir tes soal ujian nasional bahasa Indonesia SMA/MA tahun pelajaran 2011/2012 / Masyrifatul Khairiyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Validitas Konstruksi Penyusunan Soal UN Bahasa Indonesia SMA. Ujian Nasional (UN) merupakan bagian dari bentuk evaluasi yang digunakan oleh pemerintah sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui mutu pendidikan di Indonesia. Dengan terselenggaranya UN diharapkan dapat mempermudah pengembangan pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan di seluruh Indonesia akan tercermin melalui hasil UN yang didapatkan oleh peserta didik yang dibina. Sebelum mengomentari dan mewacanakan tentang pelaksaan UN seharusnya yang ditinjau lebih dulu adalah instrumen UN tersebut yaitu butir soal yang diujikan. Apakah soal yang diberikan kepada peserta UN sudah sesuai dengan kurikulum ataukah justru masih ada yang tidak sesuai. Sejauh ini baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) maupun dari Badan Standar Nasional Pendidikan) BSNP sepengetahuan peneliti belum ada satu pun yang secara kongkret mempublikasikan hasil penelitian yang khusus membahas tentang isi dan konstruksi soal ujian nasional. Oleh karena itu perlu adanya suatu penelitian yang dilakukan untuk membahas tentang soal ujian nasional tersebut. Khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia yang selama ini dianggap sebagai sandungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 dan (2) ketepatan konstruksi butir tes pada soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh naskah soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 program Studi IPA Paket E59. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis validitas isi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dalam penelitian ini dirinci menjadi tiga aspek. Pertama proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan membaca menunjukkan 6 materi sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi yaitu paragraf puisi membaca memindai sastra melayu klasik prosa dan fakta dan opini. Proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan membaca menunjukkan 4 materi tidak sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi yaitu berita biografi pidato dan drama. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan menulis menunjukkan 9 materi sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi yaitu paragraf puisi ejaan pidato iii surat resmi karya ilmiah resensi drama dan esai. Proporsi antara kurikulum dengan kisi-kisi soal pada keterampilan menulis menunjukkan 3 materi tidak sesuai antara kurikulum dengan kisi-kisi yaitu cerpen proposal dan notulen. Kedua proporsi antara kurikulum dengan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Rekapitulasi perbandingan proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca menunjukkan 7 materi sesuai antara kurikulum dan butir soal yaitu paragraf puisi membaca memindai sastra melayu kalasik prosa fakta dan opini dan biografi. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca menunjukkan 3 materi tidak sesuai antara kurikulum dan butir soal yaitu berita pidato dan kata baku dan kata tidak baku. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis menunjukkan 8 materi sesuai antara kurikulum dan butir soal yaitu puisi ejaan pidato cerpen surat resmi karya ilmiah drama dan esai. Proporsi antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis menunjukkan 5 materi tidak sesuai antara kurikulum dan butir soal yaitu paragraf proposal resensi notulen dan kata baku dan tidak baku. Ketiga kesesuaian antara kurikulum dengan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Kesesuaian antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan membaca terdapat 41% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi 32% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 27% soal dengan tingkah kesesuaian rendah. Kesesuaian antara kurikulum dengan butir soal pada keterampilan menulis terdapat 29% soal dengan tingkat kesesuaian tinggi 46% soal dengan tingkat kesesuaian sedang dan 25% soal dengan tingkah kesesuaian rendah. Berdasarkan hasil analisis ketepatan konstruksi butir tes pada soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 menunjukkan kesesuaian soal dengan konstruksi penyusunan soal mencapai 93 5 persen sedangkan ketidaksesuaian soal dengan konstruksi mencapai 6 5 persen. Dengan demikian soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012 dikategorikan tinggi ditinjau dari konstruksi penyusunan butir tesnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142969

Actions (login required)

View Item View Item