Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang / Agung Setyawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang / Agung Setyawanto

Setyawanto, Agung (2012) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang / Agung Setyawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci RPP mata pelajaran Bahasa Indonesia KTSP Pada hakikatnya penyusunan RPP bertujuan merancang pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan RPP menurut pakar pendidikan cukup efektif untuk meningkatkan kualitas anak didik. RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar. Berdasarkan RPP inilah guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran secara terprogram. Alasan pentingnya membuat RPP yaitu guru dapat terbantu untuk memikirkan pelajaran sebelum pelajaran itu diajarkan. Guru dapat mengorganisasi fasilitas perlengkapan alat bantu pengajaran waktu dan isi untuk mencapai tujuan belajar seefektif mungkin serta menghubungkan tujuan dan prosedur kepada tujuan keseluruhan dari mata pelajaran yang diajarkan. Selain itu guru dapat terbantu dalam merencanakan motivasi di kelas pertanyaan-pertanyaan dan diskusi-diskusi penting yang mungkin diperlukan. Oleh karena itu kemampuan membuat RPP merupakan langkah awal yang harus dimiliki guru dan calon guru serta sebagai muara dari segala pengetahuan teori keterampilan dasar dan pemahaman yang mendalam tentang obyek belajar dan situasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan RPP yang digunakan guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang. Penelitian ini secara khusus membahas tentang rumusan indikator rumusan materi pembelajaran penentuan langkah-langkah pembelajaran pemilihan sumber dan media pembelajaran dan perencanaan penilaian dalam RPP yang digunakan guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang. Jumlah RPP yang diteliti yaitu 24 RPP terdiri dari enam RPP untuk keterampilan mendengarkan enam RPP untuk keterampilan berbicara enam RPP untuk keterampilan membaca dan enam RPP untuk keterampilan menulis. Rancangan penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah informasi tentang RPP Bahasa Indonesia SMP di Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini ialah RPP yang digunakan guru yang mengajar di beberapa SMP di Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis kualitatif bentuk verbal menggunakan bantuan rubrik panduan penyusunan RPP. Analisis verbal diarahkan pada pemerolehan informasi tentang RPP. Analisis verbal pada penelitian ini didasarkan pada teori-teori tentang pelaksanaan KTSP teori tentang komponen-komponen RPP dan pengembangannya sehingga data tersebut mempunyai arti. Hasil penelitian menunjukkan rumusan indikator mencakup aspek kejelasan dan kelengkapan cakupan indikator. Rumusan indikator masih kurang rinci dan sebagian menyalin apa adanya dari kompetensi dasar sehingga menimbulkan ii penafsiran ganda dan kurang menggambarkan tahapan dalam pencapaian kompetensi. Pengembangan materi telah mengacu pada indikator pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai kompetensi dasar. Pengembangan materi RPP berupa pencantuman pokok-pokok materi saja tanpa dilampiri penjelasan tentang materi pembelajaran. Perencanaan langkah-langkah pembelajaran mencakup kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan telah mencakup aspek menyampaian tujuan pembelajaran/menyampaikan apersepsi awal tentang materi yang akan dipelajari tetapi belum mencakup aspek yang mengaitkan kehidupan nyata dan pengetahuan terdahulu dengan KD dan sedikit sekali guru yang mendemonstrasikan sesuatu berkaitan dengan KD. Pada kegiatan inti langkah-langkah pembelajaran telah mencakup aspek memberi kesempatan siswa aktif dan memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif tetapi para guru belum menjabarkan tahapan-tahapan pencapaian indikator/KD secara tepat. Pada kegiatan penutup guru masih banyak yang belum mengarahkan membuat penguatan memeriksa hasil belajar dan belum memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran. Pemilihan sumber belajar dan media pembelajaran sesuai dengan aspek kesesuaian indikator mudah diterapkan dan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif. Akan tetapi guru hanya mencantumkan sumber belajar dan media pembelajaran sedangkan ketersediaan wujud sumber belajar dan media pembelajaran belum dilampirkan pada RPP. Perencanaan penilaian telah dilengkapi instrumen yang sesuai dengan indikator dan telah mencantumkan bentuk dan teknik penilaian. Akan tetapi perencanaan penilaian belum mencakup seluruh indikator dan masih banyak perencanaan penilaian yang tidak disertai dengan kriteria penilaian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disampaikan saran kepada para guru Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Malang sebagai berikut. Guru sebelum menyusun RPP disarankan memahami kurikulum yang berlaku sehingga penyusunan RPP sesuai dengan perkembangan kurikulum. Guru ketika menyusun RPP disarankan memperhatikan aspek kerincian kejelasan RPP dan keterkaitan komponen-kompenen dalam RPP. Guru disarankan memilih langkah-langkah pembelajaran yang lebih kreatif dan lebih menarik siswa sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Guru disarankan menyusun perencanaan penilaian dengan jelas. Jelas dalam arti diketahui dan dilampirkan secara pasti apa teknik dan bagaimana bentuk penilaian instrumen penilaian dan kriteria penilaian. Dengan demikian RPP lebih rinci dan operasional serta tidak membingungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142968

Actions (login required)

View Item View Item