Kemampuan bercerita siswa kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 / Anna Mustafidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan bercerita siswa kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 / Anna Mustafidah

Mustafidah, Anna (2012) Kemampuan bercerita siswa kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 / Anna Mustafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menceritakan film rangkai Bercerita merupakan suatu aktivitas melisankan sesuatu kisah atau peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi maupun hanya rekaan untuk menyampai-kan pesan-pesan atau keteladanan dalam cerita. Bercerita dapat dibantu dengan media film rangkai. Film rangkai merupakan salah satu media pembelajaran yang dijadikan sebagai alat untuk membantu dan mendorong siswa dalam bercerita. Pemanfaatan film rangkai dalam bercerita diharapkan siswa mampu bercerita dengan lengkap dan runtut dalam bercerita ekspresi yang bagus intonasi yang tepat pelafalan yang jelas dan lancar dalam bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam bercerita khususnya siswa kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar dilihat dari aspek kelengkapan dan keruntutan ekspresi intonasi pelafalan dan kelancaran dalam menceritakan film rangkai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pen-dekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar kecuali 1 kelas yang dijadikan uji coba instrumen yaitu kelas Firdaus. Populasi terdiri atas 5 kelas dengan jumlah 213 siswa. Sampel penelitian ini adalah 15% dari setiap kelas VII MTs Negeri Gandusari Blitar tahun pelajaran 2011/2012 yaitu sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah lembar tugas bercerita rekaman media film rangkai rambu-rambu penilaian dan lembar ceklis (check-list) disertai dengan kriteria penilaian. Data berupa skor kemampuan siswa dalam bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan tes performansi dan metode rekaman. Pengumpulan data penelitian melibatkan peneliti dan dua guru mata pelajaran bahasa Indonesia serta seorang teman dari peneliti untuk merekam bercerita siswa. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu (1) persiapan (2) tabulasi dan (3) penerapan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menceritakan film rangkai menunjukkan nilai rata-rata 80 47% yang artinya siswa mampu bercerita dengan baik. Secara spesifik Kemampuan siswa kelas VII MTsN Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 dalam menceritakan film rangkai pada aspek kelengkapan dan keruntutan menunjukkan nilai rata-rata 92 97% dengan kategori siswa mampu bercerita dengan kelengkapan dan keruntutan yang sangat baik. Artinya siswa bercerita dengan menyebutkan semua peristiwa-peristiwa yang ada dalam cerita dan semua cerita sesuai dengan film rangkai. Faktor pendukung siswa bercerita dengan kelengkapan dan keruntutan yang sangat baik yaitu penggunaan film rangkai sebagai alat bantu siswa dalam bercerita. Kemampuan siswa kelas VII MTsN Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 dalam menceritakan film rangkai pada aspek ekspresi menunjukkan nilai rata-rata 71 86% dengan kategori cukup mampu berekspresi. Artinya siswa bercerita dengan menunjukkan 4 7 dari mimik atau gestur senang heran bingung kecewa penasaran menduga-duga kaget marah sedih takut tegas menyesal bijak serius dan pandangan mata sering tertuju pada film rangkai. Faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa bercerita dengan ekspresi cukup adalah penggunaan media yang kurang maksimal pandangan mata selalu tertuju pada film rangkai kurang percaya diri malu-malu dan kurang latihan berekspresi. Kemampuan siswa kelas VII MTsN Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 dalam menceritakan film rangkai pada aspek intonasi menunjukkan nilai rata-rata 83 59% dengan kategori mampu bercerita dengan intonasi yang baik. Artinya siswa bercerita dengan volume suara terdengar sampai belakang tinggi rendah (nada) dan cepat lambat (tempo) sesuai tetapi terkadang 1 2 nada atau tempo ada yang kurang sesuai. Faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa bercerita dengan intonasi yang baik yaitu penggunaan film rangkai yang berisikan serangkaian gambar yang padu sehingga menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Kemampuan siswa kelas VII MTsN Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 dalam menceritakan film rangkai pada aspek pelafalan menunjukkan nilai rata-rata 83 59% dengan kategori mampu bercerita dengan pelafalan yang baik. Artinya siswa bercerita dengan melafalkan 1 2 kata dengan kurang tepat mengucapkan tuturan dengan kuat dan jelas dari dua aspek baik itu ketika marah tegas maupun serius. Faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa bercerita dengan intonasi yang baik yaitu penggunaan film rangkai yang berisikan serangkaian gambar yang padu sehingga menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Faktor pendukung keberhasilan siswa dalam melafalkan bunyi ujaran adalah kepercayaan diri siswa terhadap cerita yang dibawakan. Siswa dapat memahami cerita dengan baik sehingga siswa tidak ragu untuk melafalkan bunyi. Kemampuan siswa kelas VII MTsN Gandusari Blitar tahun ajaran 2011/2012 dalam menceritakan film rangkai pada aspek kelancaran menunjukkan nilai rata-rata 85 16% dengan kategori siswa mampu bercerita dengan kelancaran yang baik. Artinya siswa bercerita dengan tidak tersendat-sendat tidak ada keraguan dan tidak terputus-putus tetapi ada 1 2 kali ragu dengan mengulang kata atau kalimat dan diam untuk menunggu gambar selanjutnya tetapi tidak mengganggu komunikasi. Faktor yang mempengaruhi kelancaran siswa dalam bercerita yaitu siswa tidak pernah kehilangan ide untuk mengisi dialog-dialog pada gambar sehingga siswa bercerita dengan bervariasi dan lancar dalam bercerita. Selain itu penggunaan film rangkai yang bergerak dari gambar satu ke gambar selanjutnya dapat membantu siswa untuk bercerita dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142966

Actions (login required)

View Item View Item