Pengembangan instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan pisa (programme for international student assessment) / Etty Umamy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan pisa (programme for international student assessment) / Etty Umamy

Umamy, Etty (2012) Pengembangan instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan pisa (programme for international student assessment) / Etty Umamy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci instrumen asesmen literasi membaca PISA Pada dasarnya pembelajaran adalah suatu sistem yang saling berkait antarkomponennya dan tidak dapat terlepas dari penilaian. Konsep penilaian pendidikan yang ada saat ini tidak hanya diarahkan kepada tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan tetapi juga terhadap tujuan-tujuan lain yang meliputi tujuan di luar pembelajaran yakni pada upaya pembentukan kemampuan siswa secara mandiri dan menyiapkan siswa agar sukses di masa datang. Dalam Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) SMP/ MTs/SMPLB aspek ilmu pengetahuan dan teknologi disebutkan bahwa pada tingkat satuan pendidikan ini siswa diharapkan mampu (1) mencari dan menerapkan informasi secara logis kritis dan kreatif (2) menunjukkan kemampuan berpikir logis kritis dan inovatif (3) menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimiliki dan (4) menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut membuktikan bahwa potensi umum siswa berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan hal yang penting dikuasai pada tingkat SMP/MTs/SMPLB sehingga pada tahap pendidikan dasar saja siswa telah dituntut untuk mampu mencari menerapkan dan menunjukkan kemampuan tersebut. SKL-SP SMP/MTs/SMPLB telah dirancang sedemikian rupa guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Namun dalam realitas di lapangan praktik penilaian yang selama ini dilakukan sebagian besar belum mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti yang dijabarkan dalam SKL-SP SMP/MTs/SMPLB. Dalam dunia internasional kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa telah menjadi perhatian yang sangat serius. Hal ini terbukti dengan adanya organisasi internasional yang bergerak dalam bidang penilaian kemampuan berpikir siswa seperti OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development). OECD mengkoordinasikan studi internasional tentang prestasi literasi membaca matematika dan sains dengan nama PISA (Programme for International Student Assessment). PISA merupakan studi internasional OECD yang diperuntukkan bagi siswa sekolah berusia 15 tahun atau siswa setingkat SMP/MTs. Berdasarkan keadaan tersebut diperlukan adanya pengembangan dalam perangkat penilaian yang berupa instrumen asesmen guna meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan generasi yang berkualitas serta siap menghadapi perkembangan zaman. Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA. Secara khusus penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas konstruk reliabilitas keterbacaan dan kepraktisan instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yakni prapengembangan produk pengembangan produk dan uji coba produk. Pada tahap prapengembangan hasil akhir adalah spesifikasi produk. Pada tahap pengembangan kegiatan utamanya adalah mengembangkan spesifikasi produk menjadi produk yang berupa instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA. Tahap uji coba produk dilakukan kepada ahli (ahli instrumen asesmen dan ahli membaca) praktisi (guru Bahasa Indonesia) dan siswa. Uji coba tersebut berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dari aspek validitas konstruk reliabilitas keterbacaan dan kepraktisan instrumen asesmen yang dikembangkan. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan data numerik. Data verbal berupa catatan komentar kritik dan saran perbaikan yang ditulis langsung pada lembar angket. Data numerik bersumber dari skor penilaian ahli praktisi dan siswa pada lembar angket yang diberikan pada tahap uji coba. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA. Adapun deskripsi instrumen asesmen meliputi 5 bagian yakni (1) kisi-kisi instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA (2) pengantar soal (3) petunjuk soal (4) butir-butir soal dan (5) rubrik penilaian. Penggunaan bahasa dalam instrumen asesmen memperhatikan aspek keterbacaan. Tampilan dan tata letak instrumen asesmen dibuat dengan menarik dan sesuai. Instrumen asesmen yang dikembangkan juga memperhatikan aspek keterterapan di lapangan. Perbedaan yang paling nampak dari hasil pengembangan produk instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA dengan instrumen asesmen yang lain yakni terletak pada jenis tes dan teks yang digunakan. Berdasarkan analisis hasil uji coba diperoleh kesimpulan bahwa dari keempat aspek yang menjadi fokus penilaian produk instrumen asesmen literasi membaca dengan acuan PISA memperoleh rata-rata penyekoran 8805 61%. Hal tersebut berarti produk yang dikembangkan telah layak dan dapat diimplementasikan untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Dalam rangka pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan instrumen asesmen ini pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk mengukur potensi umum siswa yang berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi. Bagi peneliti lain prosedur penelitian pengembangan instrumen asesmen ini dapat menjadi pedoman untuk melakukan penelitian serupa. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142961

Actions (login required)

View Item View Item