Karakteristik Bahasa Indonesia tuturan siswa kelas I SDN Kesatrian 1 Malang dalam interaksi belajar mengajar / Erni Surya Irawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik Bahasa Indonesia tuturan siswa kelas I SDN Kesatrian 1 Malang dalam interaksi belajar mengajar / Erni Surya Irawati

Irawati, Erni Surya (2012) Karakteristik Bahasa Indonesia tuturan siswa kelas I SDN Kesatrian 1 Malang dalam interaksi belajar mengajar / Erni Surya Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kelas kata bentukan kata struktur kalimat Bahasa digunakan pada semua aspek kehidupan baik di lingkungan formal maupun informal. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah bahasa menjadi dasar berlangsungnya proses tersebut. Bahasa terutama bahasa lisan atau yang biasa disebut tuturan digunakan untuk berinteraksi antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa lain. Penggunaan bahasa Indonesia dalam tuturan siswa inilah yang dikaji dalam penelitian ini. Fokus pada penelitian ini adalah karakteristik bahasa Indonesia tuturan siswa kelas I SD dalam interaksi belajar mengajar. Karakteristik bahasa Indonesia tuturan siswa kelas I SD tersebut difokuskan pada tiga aspek yakni (1) karakteristik kelas kata tuturan siswa (2) karakteristik bentukan kata tuturan siswa dan (3) karakteristik struktur kalimat tuturan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dan kajian morfosintaksis. Data penelitian ini berupa data verbal yang ditranskripsikan ke dalam korpus data. Data verbal ini berupa tuturan bahasa Indonesia siswa kelas I SD dalam interaksi belajar mengajar pada semua mata pelajaran. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi nonpartisipasi yakni peneliti datang di lapangan namun tidak ikut terlibat dalam kegiatan yang diteliti. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dengan menggunakan alat bantu yang berupa perekam audio dan tabel analisis. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap transkripsi identifikasi klasifikasi dan tahap penyimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan dan diskusi dengan dosen pembimbing dan teman-teman yaitu Siska Nella Fitri dan Albitar. Berdasarkan analisis data diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama kelas kata nomina banyak digunakan oleh siswa terutama nomina berwujud (konkret). Penggunaan pronomina Bu digunakan siswa pada hampir semua tuturan. Kata-kata yang sederhana dan berbentuk kata dasar pun banyak digunakan siswa dalam tuturannya. Ada beberapa kata serapan bahasa daerah yang digunakan siswa. Siswa kelas I SD memiliki banyak variasi dan pilihan kata dalam tuturannya. Kedua bentukan kata yang digunakan siswa paling banyak dibentuk melalui proses afiksasi. Jenis afiks yang paling banyak digunakan adalah prefiks terutama prefiks di-. Beberapa kata dibentuk melalui pelesapan prefiks meN- untuk mempermudah pengucapan. Beberapa bentukan kata juga menggunakan serapan dari bahasa daerah yang digunakan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Proses pemerolehan bentukan kata baru sebagian besar dicapai siswa dengan proses meniru. Ketiga struktur kalimat yang digunakan siswa dalam tuturan berupa kalimat tunggal yang sederhana. Pada beberapa data struktur kalimat siswa cenderung mengikuti struktur kalimat teman yang lebih dahulu bertutur. Struktur kalimat yang digunakan siswa kebanyakan adalah kalimat elips yakni kalimat dengan pelesapan unsur. Kalimat siswa banyak yang menggunakan sapaan dan penggunaan kalimat majemuk hanya untuk memenuhi tugas guru bukan untuk berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan tiga saran. Pertama para guru yang mengajar di kelas I SD disarankan untuk lebih memperhatikan karakteristik tuturan siswa dalam situasi formal yakni dalam kegiatan belajar mengajar supaya penggunaan bahasa daerah dalam situasi formal dapat dikurangi. Kedua peneliti lain diharapkan mengadakan penelitian pada aspek kebahasaan yang lainnya misalnya pada aspek fonologis semantis dan lain sebagainya untuk memperkaya hasil penelitian tentang kebahasaan. Ketiga para penulis buku teks dan pengembang media disarankan membuat buku teks dan media pembelajaran dengan memperhatikan hasil penelitian ini misalnya dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142959

Actions (login required)

View Item View Item