Analisis teks pidato karangan siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dian Nita Zullina - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teks pidato karangan siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dian Nita Zullina

Zullina, Dian Nita (2012) Analisis teks pidato karangan siswa kelas X SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dian Nita Zullina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis teks pidato karangan siswa Salah satu kompetensi dasar keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh siswa SMA adalah menulis teks pidato. Keterampilan menulis teks pidato diajarkan kepada siswa dengan tujuan supaya siswa mampu menulis teks pidato dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato dilakukan analisis teks pidato karangan siswa. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan teks pidato karangan siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada aspek sistematika kesesuaian isi dengan tujuan dan penggunaan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis. Data penelitian ini berupa teks pidato karangan siswa kelas X. Data-data tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh deskripsi tentang sistematika kesesuaian isi dengan tujuan dan penggunaan bahasa. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis data diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama sistematika teks pidato meliputi salam pembuka pendahuluan materi simpulan harapan dan salam penutup. Kedua kesesuaian isi dengan tujuan pidato meliputi tujuan argumentatif tujuan persuasif dan tujuan informatif. Ketiga penggunaan bahasa meliputi penggunaan ejaan dan tanda baca pilihan kata keefektifan kalimat dan keterpaduan paragraf. Berdasarkan analisis teks pidato pada aspek sistematika diperoleh enam hasil penelitian. Pertama teks pidato bagian salam pembuka dengan penyusunan tepat sebanyak 15 siswa (39%) kurang tepat sebanyak 22 siswa (58%) dan tidak tepat sebanyak 1 siswa (3%). Kedua teks pidato bagian pendahuluan dengan penyusunan tepat sebanyak 6 siswa (16%) kurang tepat sebanyak 25 siswa (66%) dan tidak tepat sebanyak 7 siswa (18%). Ketiga teks pidato bagian materi dengan penyusunan tepat sebanyak 15 siswa (40%) kurang tepat sebanyak 16 siswa (42%) dan tidak tepat sebanyak 7 siswa (18%). Keempat teks pidato yang memiliki bagian simpulan sebanyak 13 siswa (34%) dengan penyusunan tepat sebanyak 3 siswa (8%) kurang tepat sebanyak 7 siswa (18%) tidak tepat sebanyak 3 siswa (8%) dan tidak memiliki bagian simpulan sebanyak 25 siswa (66%). Kelima teks pidato bagian saran dengan penyusunan tepat sebanyak 6 siswa (17%) kurang tepat sebanyak 30 siswa (79%) tidak tepat sebanyak 1 siswa (3%) dan tidak memiliki bagian saran sebanyak 1 siswa (3%). Keenam teks pidato bagian salam penutup dengan penyusunan tepat sebanyak 8 siswa (21%) kurang tepat sebanyak 28 siswa (74%) dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (5%). ii Berdasarkan analisis teks pidato pada aspek kesesuaian isi dengan tujuan diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama kesesuaian isi dengan dengan tujuan argumentatif sebanyak 9 siswa dengan penyusunan tepat sebanyak 3 siswa (33%) kurang tepat sebanyak 5 siswa (56%) dan tidak tepat sebanyak 1 siswa (11%). Kedua kesesuaian isi dengan tujuan argumentatif sebanyak 18 siswa dengan tujuan tepat sebanyak 6 siswa (34%) kurang tepat sebanyak 8 siswa (44%) dan tidak tepat sebanyak 4 siswa (22%). Ketiga kesesuaian isi dengan tujuan informatif sebanyak 11 siswa dengan tujuan tepat sebanyak 5 siswa (46%) kurang tepat sebanyak 3 siswa (27%) dan tidak tepat sebanyak 3 siswa (27%). Berdasarkan analisis penggunaan bahasa dalam teks pidato diperoleh empat hasil penelitian. Pertama penggunaan ejaan dan tanda baca dengan tepat sebanyak 3 siswa (8%) kurang tepat sebanyak 23 siswa (60%) dan tidak tepat sebanyak 12 siswa (32%). Kedua pilihan kata dengan tepat sebanyak 3 siswa (8%) kurang tepat sebanyak 30 siswa (79%) dan tidak tepat sebanyak 5 siswa (13%). Ketiga penyusunan kalimat efektif sebanyak 11 siswa (29%) kurang tepat sebanyak 25 siswa (66%) dan tidak tepat sebanyak 2 siswa (5%). Keempat penyusunan paragraf yang padu sebanyak 28 siswa (74%) kurang padu sebanyak 6 siswa (16%) dan tidak padu sebanyak 4 siswa (10%). Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama bagi guru disarankan melakukan perbaikan pembelajaran menulis teks pidato supaya siswa lebih terampil menulis teks pidato. Kedua bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan teks pidato misalnya gaya bahasa dalam teks pidato karangan siswa. Ketiga bagi siswa disarankan lebih giat belajar dan berlatih untuk menulis teks pidato dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142953

Actions (login required)

View Item View Item