Alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia / Irda Yesy Armita - Repositori Universitas Negeri Malang

Alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia / Irda Yesy Armita

Armita, Irda Yesy (2013) Alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia / Irda Yesy Armita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci alih kode komunikasi guru dan siswa pembelajaran bahasa Indonesia bentuk alih kode. Alih kode merupakan alternatif guru dalam penyampaian pesan saat proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP PGRI 4 Malang. Alih kode dalam wacana kelas terjadi karena pengaruh bahasa pertama siswa yaitu bahasa Jawa. Bahasa pertama cenderung sering digunakan oleh karena itu berpengaruh pada penguasaan bahasa kedua. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai alih kode komunikasi guru dan siswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan bentuk alih kode jenis alih kode dan penyebab alih kode komunikasi guru dan siswa di SMP PGRI 4 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sebelum penelitian ini dilakukan observasi dan wawancara. Data penelitian berupa ujaran verbal dalam bentuk audio. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Simak Bebas Libat Cakap teknik rekam dan teknik catat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data penelitian ini dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari transkip data identifikasi data serta kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama mengenai bentuk alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bentuk alih kode yang dipilih penutur yaitu bentuk alih kode antarbahasa dan alih kode antarragam bahasa. Kedua mengenai jenis alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP PGRI 4 Malang. Jenis alih kode yang ditemukan tujuh jenis dari empat klasifikasi. Klasifikasi pertama alih kode berdasarkan bahasa yang digunakan yakni alih kode intern klasifikasi kedua alih kode berdasarkan alasan penutur yaitu alih kode situasi dan alih kode topik klasifikasi ketiga alih kode berdasarkan tata kalimat yaitu alih kode antarkalimat alih kode intrakalimat dan alih kode penanda dan klasifikasi keempat alih kode berdasarkan kepermanenan yaitu alih kode sementara. Ketiga mengenai penyebab alih kode komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP PGRI 4 Malang. Penelitian inimenemukan lima penyebab yaitu (1) guru ingin bergurau dengan siswa (2) perubahan dari formal ke informal atau sebaliknya (3) perasaan jengkel guru (4) penjelasan instruksi dari guru dan (5) ekspresi keterkejutan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142946

Actions (login required)

View Item View Item