Perancangan enviroment graphic design Kampung Inggris Pare sebagai daerah wisata belajar / Vicky Pahlavei Tri Fitriawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan enviroment graphic design Kampung Inggris Pare sebagai daerah wisata belajar / Vicky Pahlavei Tri Fitriawan

Fitriawan, Vicky Pahlevie Tri (2015) Perancangan enviroment graphic design Kampung Inggris Pare sebagai daerah wisata belajar / Vicky Pahlavei Tri Fitriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitriawan Vicky Pahlevie Tri. 2014. Perancangan Environment Graphic Design Kampung Inggris Pare Sebagai Daerah Wisata Belajar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn. Kata kunci kampung inggris wisata belajar environment graphic design. Kampung Inggris adalah kumpulan tempat kursus Bahasa Inggris yang berada di Desa Pelem dan Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur. Saat ini Kampung Inggris sudah diakui oleh masyarakat luas hingga seluruh penjuru negeri. Hal ini menimbulkan munculnya potensi besar untuk menjadikan Kampung Inggris sebagai sebuah wisata belajar. Menurut Nyoman S. Pendit (1994 108) Potensi wisata merupakan segala hal dan kejadian yang diatur dan disediakan sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata baik berupa suasana kejadian benda maupun jasa. Namun untuk dapat mewujudkan itu perlu adanya media-media pendukung berupa sistem tanda untuk dapat memfasilitasi kebutuhan informasi selama berada di Kampung Inggris. Selain itu juga dapat mempermudah orang-orang yang datang berasal dari luar kota dalam mengenal keseluruhan area dari Kampung Inggris. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah Environment Graphic Design (EGD). Model perancangan ini menggunakan model perancangan milik Surianto Rustan. Prodedur perancangan yang digunakan meliputi riset mengidentifikasi data-data yang didapatkan kemudian di analisis dan disimpulkan lalu dibuatkan sintestis dan dilanjutkan pada konsep perancangan. Pada konsep perancangan dijabarkan menjadi konsep media dan konsep kreatif. Konsep media meliputi tujuan strategi program dan budgeting sedangkan pada konsep kreatif meliputi tujuan strategi konsep verbal dan konsep visual. Tahapan berikutnya adalah konsep tata desain meliputi tujuan strategi dan program tata desain. Kemudian didapatkan desain final lalu di evaluasi dan terakhir adalah aplikasi media. Peneliti menggunakan teknik wawancara observasi kuisioner dokumentasi dalam mengumpulkan fakta di lapangan dan pencarian online untuk melengkapi data-data yang belum ada. Selanjutnya menggunakan metode deskriptif untuk menganalisa data lapangan yang telah didapatkan dan dijadikan dasar pada perancangan yang akan dibuat. Hasil dari perancangan ini yaitu berupa sistem tanda media dari EGD meliputi (1) urgent need sign (2) main lobby (3) exterior approach sign dan (4) upper floor sign. Penggunaan signage dibagi menjadi 2 jenis yaitu (1) monument sign dan (2) flag mouunted sign. Selain itu bagaimana penempatan dari setiap media EGD juga perlu diperhatikan agar dapat berjalan sesuai fungsinya yaitu sebagai media informasi untuk mengarahkan orang-orang yang datang mulai saat tiba di Pare hingga sampai di kawasan Kampung Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14294

Actions (login required)

View Item View Item