Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi dengan strategi pemodelan si SMP kelas VII / Angga Putra Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi dengan strategi pemodelan si SMP kelas VII / Angga Putra Prasetya

Prasetya, Angga Putra (2013) Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi dengan strategi pemodelan si SMP kelas VII / Angga Putra Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetya Angga Putra. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Puisi dengan Strategi Pemodelan di SMP Kelas VII. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi pembelajaran menulis puisi strategi pemodelan. Menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII SMP. Kegiatan menulis puisi memiliki manfaat untuk melatih siswa peka berimajinasi. Selain itu melalui pembelajaran keterampilan tersebut siswa mampu menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam dan menghasilkan karya yang baik. Namun harapan tersebut masih kurang diperhatikan dan mendapat banyak kendala. Hal itu disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema memilih diksi menentukan citraan menggunakan rima dan merangkai kata menjadi sebuah puisi yang utuh. Bahan ajar dibutuhkan untuk mengatasi hambatan belajar dan mendukung kelancaran pembelajaran menulis puisi. Mengingat pentingnya bahan ajar bahan ajar menulis puisi perlu dikembangkan. Terdapat beberapa alasan yang mendasari pentingnya pengembangan bahan ajar yakni pertimbangan kebutuhan siswa dan tuntutan agar guru dapat memberikan materi pembelajaran yang berkualitas. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mengembangkan deskripsi isi bahan ajar (2) mengembangkan sistematika penyajian bahan ajar (3) mengembangkan penggunaan bahasa bahan ajar dan (4) mengembangkan tampilan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model desain pembelajaran Dick and Carrey. Pengembangan yang diadaptasi dari model Dick and Carrey (1) merumuskan pembelajaran menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam di SMP kelas VII (2) mengidentifikasi kemampuan dan karakter yang dimiliki oleh siswa kelas VII (3) melakukan wawancara bebas kepada siswa kelas VII (4) membuat indikator pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran (5) mengembangkan butir tes (6) mengembangkan strategi pemodelan (7) memilih materi menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam (8) melakukan uji ahli dan praktisi untuk mengetahui kekurangan produk (9) merevisi bahan ajar dan (10) melakukan evaluasi sumatif. Berdasarkan model tersebut terdapat empat tahap prosedur penelitian yakni (1) tahap perencanaan (2) tahap pengembangan (3) tahap evaluasi dan (4) tahap revisi. Uji produk bahan ajar dilakukan dengan melibatkan (1) ahli pembelajaran sastra (2) ahli penulisan kreatif dan (3) ahli praktisi/guru Bahasa Indonesia. Setelah selesai uji ahli dan revisi langkah selanjutnya adalah melakukan uji lapangan yang melibatkan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Bantur. Dari hasil uji produk dengan ahli pembelajaran sastra diperoleh persentase 93 75% yang berarti produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Dari hasil uji produk dengan ahli penulisan kreatif diperoleh persentase 93 75% yang berarti produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Dari hasil uji produk dengan ahli praktisi/guru Bahasa Indonesia diperoleh persentase 95 31% yang berarti produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Dari hasil uji lapangan yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bantur diperoleh persentase 91 84% yang berarti produk tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Akan tetapi secara kualitatif dari hasil uji ahli dan praktisi diperoleh sejumlah saran yang digunakan untuk merevisi produk. Produk hasil revisi memiliki karakteristik sebagai berikut. Pertama sistematika bahan ajar meliputi (1) tinjauan kompetensi yang berisi SK KD indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran (2) pendahuluan yang berisi kata pengantar (3) penyajian isi (4) penutup (5) daftar pustaka dan (6) lampiran. Kedua isi bahan ajar menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam dengan strategi pemodelan meliputi (1) teori dan langkah-langkah menulis puisi (2) contoh puisi berkenaan dengan keindahan alam (3) lembar kegiatan siswa yang berupa latihan-latihan dan (4) evaluasi kegiatan menulis puisi. Ketiga bahasa bahan ajar dengan memperhatikan tingkat perkembangan siswa SMP yang tergolong remaja singkat menarik dan memotivasi. Keempat tampilan bahan ajar memperhatikan (1) jenis huruf materi menggunakan Arial dengan ukuran 11 pt judul bab menggunakan monotype corsiva dengan ukuran 36 pt judul subbab menggunakan Arial Black dengan ukuran 12 pt (2) penataan halaman dan sistem penomoran dengan menggunakan header dan footer (3) ilustrasi dan warna bahan ajar yang menggunakan warna hijau sebagai warna dominan dan (4) desain sampul bahan ajar menggunakan warna dasar hijau dan putih dengan gambar latar pemandangan sebuah pegunungan dan persawahan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan menggunakan bahan ajar ini pada pembelajaran menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam. Siswa disarankan memanfaatkan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis puisi dengan memperhatikan petunjuk penggunaan. Selanjutnya produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan ditulis dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142936

Actions (login required)

View Item View Item