Peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang tahun 2011/2012 dengan strategi lipirtup ( lihat, pilih, renungan, tuangan dan publikasikan) / Sripit Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang tahun 2011/2012 dengan strategi lipirtup ( lihat, pilih, renungan, tuangan dan publikasikan) / Sripit Widiastuti

Widiastuti, Sripit (2013) Peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang tahun 2011/2012 dengan strategi lipirtup ( lihat, pilih, renungan, tuangan dan publikasikan) / Sripit Widiastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis paragraf ekpsosisi strategi Lipirtup Kemampuan menulis paragraf eksposisi merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang diajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Menulis paragraf eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan di kelas XI Program Bahasa. Kompetensi dasar tersebut adalah menyusun beberapa paragraf ekspositif tentang hasil pengamatan (penelitian). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia kelas XI Bahasa SMAN 9 Malang dan hasil tulisan paragraf ekposisi siswa diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi masih rendah. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis paragraf eksposisi pada aspek isi struktur paragraf dan penggunaan bahasa siswa kelas XI Bahasa SMAN 9 Malang dengan strategi Lipirtup. Strategi Lipirtup diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi sehingga hasil tulisan siswa mampu memenuhi aspek isi yang meliputi subaspek kedalaman dan keakuratan informasi struktur paragraf yang meliputi subaspek kelengkapan kepaduan dan kesatuan paragraf serta mampu memenuhi aspek penggunaan bahasa yang meliputi subaspek keefektifan kalimat pilihan kata ejaan dan tanda baca. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian bersumber dari hasil penelitian siklus I dan siklus II meliputi data proses dan data hasil. Data hasil adalah data hasil karya tulis siswa dan data proses berupa aktivitas guru dan siswa yang terekam dalam lembar observasi. Hasil analisis data kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan menulis paragraf eksposisi pada aspek isi struktur paragraf dan penggunaan bahasa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis paragraf eksposisi pada aspek isi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 17 1 poin dari 65 80 menjadi 82 90. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis paragraf eksposisi pada aspek struktur paragraf dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 30 3 poin dari 56 3 menjadi 86 6. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis paragraf eksposisi pada aspek penggunaan bahasa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 19 4 poin dari 69 3 menjadi 88 7. Sehubungan dengan hasil penelitian ini disarankan pada guru untuk menggunakan strategi Lipirtup untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran pada kompetensi berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142926

Actions (login required)

View Item View Item