Sakdeyah, Halimatus (2013) Pengaruh penggunaan media pembelajaran (iklan televisi) terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang / Halimatus Sakdeyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sakdeyah Halimatus. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran 12288 12288 12288 (Iklan Televisi) terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heri Suwignyo M.Pd (2) Karkono S.S M.A. Kata kunci media pembelajaran iklan televisi menulis cerpen media pembelajaran menulis cerpen. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sulit dikuasai karena menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan. Salah satu pembelajaran dalam keterampilan menulis adalah menulis cerpen. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP Negeri 18 Malang siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide mengembangkan ide menjadi sebuah cerita yang utuh dan mengembangkan cerita dengan menggunakan bahasa yang naratif. Dari sisi guru kadang muncul kesulitan dalam memberikan bimbingan karena media yang digunakan belum mampu membantu siswa dalam menulis cerpen dengan baik. Perlu adanya media yang mampu membantu siswa dalam kemampuan menulis cerpen. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran (iklan televisi) terhadap kemampuan menulis cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami siswa SMP Negeri 18 Malang. Aspek yang menjadi masalah penelitian ini yakni menentukan tema menentukan judul menggambarkan tokoh dan penokohan mengembangkan alur dan pengaluran dan mengembangkan latar dan pelataran. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) atau eksperimen pura-pura dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Sampel yang digunakan adalah kelas IX-A. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pemilihan secara acak. Teknik ini dilakukan berdasarkan kesuluruhan kelas yang bersifat homogen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS 15.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tes awal dan tes akhir. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran (iklan televisi) berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang. Pada aspek menentukan tema nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 47 7143 sedangkan rata-rata nilai tes akhir sebesar 57.8571. Pada aspek menentukan judul nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 57 8571 sedangkan rata-rata nilai tes akhir sebesar 69.2857. Pada aspek mengembangkan tokoh dan penokohan nilai rata-rata kelas tes awal sebesar 59 2857 sedangkan rata-rata nilai tes akhir sebesar 70.7143. Pada aspek mengembangkan alur dan pengaluran nilai rata-rata kelas tes awal sebesar 69 2857 sedangkan nilai rata-rata kelas tes akhir sebesar 77.8571. Pada aspek mengembangkan latar dan pelataran nilai rata-rata kelas tes awal 66 4286 sedangkan nilai rata-rata kelas tes akhir sebesar 73.5714. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media pembelajaran (iklan televisi) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 18 Malang pada aspek menentukan tema menentukan judul menggambarkan tokoh dan penokohan mengembangkan alur dan pengaluran dan mengembangkan latar dan pelataran. Saran bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya bisa memanfaatkan media iklan televisi yang memiliki tema judul tokoh dan penokohan alur dan pengaluran serta latar dan pelataran yang jelas. Bagi peneliti lain bisa melakukan penelitian dengan menggunakan media iklan televisi untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek yang lain seperti dalam menentukan amanat gaya bahasa dan sudut pandang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |