Pengembangan bahan ajar menulis tembang Pucung siswa kelas IX SMP dengan pemodelan / Imas Rahma Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis tembang Pucung siswa kelas IX SMP dengan pemodelan / Imas Rahma Agustin

Agustin, Imas Rahma (2013) Pengembangan bahan ajar menulis tembang Pucung siswa kelas IX SMP dengan pemodelan / Imas Rahma Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A Imas Rahma. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Tembang Pucung Siswa Kelas IX SMP dengan Pemodelan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar menulis tembang pucung 12288 12288 12288 12288 Tembang pucung merupakan salah satu tembang macapat yang memiliki kaidah dan karakteristik yakni guru gatra/jumlah baris (4) guru wilangan/jumlah suku kata di setiap baris (12 6 8 12) dan guru lagu/vokal di akhir baris (u a i a). Kaidah dan karakteristik tersebut tidak dapat dihindari ketika menulis tembang pucung. Batasan itu menyulitkan siswa yang sedang menulis tembang pucung. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar menulis tembang pucung siswa kelas IX SMP dengan pemodelan yang siap pakai. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan untuk mnghasilkan bahan ajar tersebut diadaptasi dari model Borg Gall. Berdasarkan model tersebut terdapat empat tahap pengembangan yaitu (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba produk dan (4) tahap revisi atau penyempurnaan. Masukan-masukan dari tahap uji coba disikapi untuk menghasilkan bahan ajar yang berterima. 12288 12288 12288 12288 Data dalam penelitian ini berupa data tertulis. Data tertulis berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek coba pada lembar penilaian. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Instrumen pendukung adalah angket penilaian dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data tulis dari angket (2) menghimpun dan mengklasifikasi data tulis berdasarkan kelompok uji dan (3) menganalisis data dan menyimpulkan untuk bahan revisi produk bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yang berisi materi contoh serta latihan menulis tembang pucung. Pengorganisasian isi bahan ajar disusun berurutan mulai dari sampul kata pengantar daftar isi petunjuk penggunaan kompetensi yang harus dikuasai siswa isi bahan ajar dan daftar rujukan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa yang komunikatif dan logis. Ilustrasi dalam bahan ajar mempertimbangkan kesesuaian dengan siswa SMP kelas IX sebagai penulis tembang pucung pemula dan kesesuaian dengan materi yang dibahas. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis ketiga tahap uji coba yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa produk bahan ajar ini layak digunakan untuk pembelajaran. Namun beberapa aspek dalam bahan ajar masih harus direvisi untuk kesempurnaan produk bahan ajar. 12288 12288 12288 12288 Siswa dan guru dapat memanfaat produk hasil pengembangan ini dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Produk pengembangan dapat disebarluaskan dalam forum MGMP dan dapat dimuat dalam jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142893

Actions (login required)

View Item View Item