Pengembangan instrumen asesmen presentasi ilmiah di SMA / Hilmia Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen presentasi ilmiah di SMA / Hilmia Wardani

Wardani, Hilmia (2013) Pengembangan instrumen asesmen presentasi ilmiah di SMA / Hilmia Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Instrumen asesmen Presentasi Ilmiah. Presentasi ilmiah merupakan salah satu keterampilan berbicara yang harus dikuasai oleh siswa. Presentasi ilmiah adalah proses unjuk kerja oleh siswa untuk mempresentasikan materi dalam karya ilmiah yang telah disusun secara lengkap ringkas jelas runtut dan penuh percaya diri dengan memperhatikan faktor-faktor penunjang keefektifan presentasi. Ketercapaian penguasaan tersebut dapat diketahui melalui instrumen asesmen presentasi ilmiah. Instrumen asesmen presentasi ilmiah berperan penting untuk menilai ketercapaian kompetensi siswa dalam melakukan keterampilan tersebut. Sayang berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia di MAN 3 Malang dapat diketahui bahwa penggunaan instrumen asesmen kurang diperhatikan dalam proses penilaian presentasi ilmiah. Hal tersebut terbukti dari tindakan guru yang menilai kemampuan presentasi ilmiah siswa tanpa menggunakan rubrik penilaian. Adapun hasil analisis pada rubrik penilaian di RPP ditemukan bahwa kualitas rubrik tersebut masih rendah. Untuk mengatasi problematika di atas dikembangkanlah instrumen asesmen presentasi ilmiah di SMA yang terdiri atas instrumen asesmen kinerja dan instrumen asesmen proses. Kedua instrumen tersebut dikemas dalam pedoman asesmen presentasi ilmiah di SMA. Model pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg Gall. Instrumen asesmen presentasi ilmiah dalam penelitian ini dikembangkan melalui tahap validasi dan uji coba lapangan. Tahap validasi dilakukan untuk mengukur ketercapaian validitas isi validitas konstruk dan kepraktisan. Tahap uji coba lapangan digunakan untuk mengukur reliabilitas dan kepraktisan. Selain itu hasil yang diperoleh dari kedua tahap itu menjadi dasar untuk revisi produk akhir. Berdasarkan hasil uji validasi pada instrumen asesmen kinerja ditemukan persentase sebesar 82 81% pada aspek validitas isi 81 64% pada aspek validitas konstruk dan 89 84% pada aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil uji validasi pada instrumen asesmen proses ditemukan persentase sebesar 90 62% pada aspek validitas isi 90 62% pada aspek validitas konstruk dan 91 96% pada aspek kepraktisan. Selain itu skor reliabilitas yang diperoleh lewat uji lapangan mencapai 0 992. Ada beberapa saran agar instrumen asesmen presentasi ilmiah dapat bermanfaat bagi pembelajaran. Saran tersebut yaitu menggunakan instrumen asesmen ini untuk menilai ketercapaian kompetensi siswa dalam presentasi ilmiah. Selain itu guru harus membaca dengan cermat petunjuk penggunaan instrumen asesmen agar penilaian bisa berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142892

Actions (login required)

View Item View Item