Penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Arfita Umu Amaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Arfita Umu Amaroh

Amaroh, Arfita Umu (2013) Penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 / Arfita Umu Amaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amaroh Arfita Umu. 2013. Penalaran dalam Artikel Mahasiswa Baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang Angkatan 2012. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS S.H M.Hum (II) Drs. Bustanul Arifin S.H M.Hum. Kata Kunci artikel unsur penalaran varian penalaran struktur penalaran. Penalaran merupakan proses berpikir dalam menarik kesimpulan yang berupa pengetahuan. Dalam mengemukakan gagasan atau pendapat seseorang harus menyajikan secara logis kritis dan sistematis. Bukti-bukti yang dapat memperkuat keobjektifan dan kebenaran yang disampaikan sehingga dapat menghapus konflik serta keraguan pembaca terhadap gagasan atau pendapat penulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur pembangun penalaran varian penalaran induktif dan deduktif serta struktur penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan orientasi analisis isi. Data penelitian adalah kalimat alinea dan wacana. Instrumen penelitian ini berupa tabel kodifikasi data. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Tahapan analisis data penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Unsur pembangun penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 adalah (1) pendirian (2) bukti dan (3) penyimpulan. Unsur pendirian terdiri atas tiga kategori pendirian faktual berupa pernyataan proposisional dalam bentuk saran. Unsur bukti berupa fakta dan opini terhadap fakta. Fakta berupa data statistik dan atoritas. Opini terhadap fakta berupa analisis dan penilaian. Penyimpulan dinyatakan dalam dua kategori yakni inferensi implisit dan eksplisit berupa saran dan harapan. Terdapat dua varian penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 yaitu (1) penalaran induktif dan (2) penalaran deduktif. Penalaran induktif terdiri atas generalisasi analogi dan hubungan kausal. Generalisasi berupa generalisasi dengan loncatan induktif dan tanpa loncatan induktif. Analogi berdasarkan peristiwa dan gejala khusus. Hubungan kausal berlangsung dalam tiga varian yakni sebab ke akibat akibat ke sebab dan akibat ke akibat. Penalaran deduktif hanya dilakukan dalam bentuk entimem dan terdapat penggunaan bentuk silogisme tidak lengkap karena faktor kepraktisan. Struktur penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012 didasarkan pada unsur pembangun penalaran yang berbentuk balok sama besar. Bagian pembuka mengemukakan pendirian penulis berupa isu atau gagasan tunggal penulis. Bagian batang tubuh mengemukakan bukti. Bagian penutup mengemukakan penyimpulan yang berisi tanggapan pendirian yang telah diajukan. Penelitian ini memberikan gambaran karakteristik unsur pembangun penalaran varian penalaran induktif dan deduktif serta struktur penalaran dalam artikel mahasiswa baru Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang angkatan 2012. Kekhasan tampak dari isi yang ditulis varian penalaran yang digunakan berupa bahasa yang komunikatif dalam argumentasi. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan penalaran. Secara praktis para pendidik dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat menulis dengan menggunakan teknik penalaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142860

Actions (login required)

View Item View Item