Perancangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter berjudul Persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih dilengkapi dengan permainan untuk anak usia 4-8 tahun / Magfira - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter berjudul Persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih dilengkapi dengan permainan untuk anak usia 4-8 tahun / Magfira

Magfira (2014) Perancangan buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter berjudul Persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih dilengkapi dengan permainan untuk anak usia 4-8 tahun / Magfira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Magfira. 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Berjudul Persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih Dilengkapi Dengan Permainan Untuk Anak Usia 4-8 Tahun. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M. Pd (II) Gunawan Susilo S. Sn M. Sn. Kata Kunci buku cerita bergambar pendidikan karakter bawang merah dan bawang putih permainan Anak-anak memerlukan pengembangan imajinasi yang dapat membantu mereka untuk lebih kreatif dan peka terhadap lingkungannya sehingga aktivitas membaca diperlukan bagi anak-anak usia 4-8 tahun. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan buku cerita bergambar persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih yang dilengkapi permainan dengan menanamkan nilai-nilai moral sebagai pembentukan karakter anak sehingga anak dapat mengambil nilai positif atau memperoleh pendidikan karakter secara tidak langsung sebagaimana cerita yang ditampilkan dalam buku cerita bergambar ini. 12288 12288 12288 12288 Perancangan ini menggunakan model 3D (Define Data Design) karena model ini sesuai dengan perancangan buku cerita bergambar dimana di dalamnya memiliki langkah-langkah yang terstruktur dan fleksibel. Sistem kerja dari perancangan 3D dibagi menjadi 3 tahap Define data Design. Define yaitu mendefinisikan masalah yang ada di lapangan. Data yaitu mengumpulkan data yang sesuai dengan permasalahan. Design yaitu merancang produk sehingga menjawab permasalahan. Kelebihan produk yang di hasilkan adalah inovasi di bidang cerita. Jika biasanya cerita Bawang Merah dan Bawang Putih di warnai dengan kebencian dan kesemena-menaan buku ini menampilkan cerita perubahan karakter jahat tersebut menjadi baik karena ketulusan dan keikhlasan. Selain itu setting cerita menggunakan konteks keluarga modern (masa kini). Produk yang dihasilkan adalah buku cerita bergambar berjudul Persahabatan Bawang Merah dan Bawang Putih yang dilengkapi dengan permainan didalam buku. Konten buku ini menggunakan kertas art paper 150 gram dengan gaya gambar kartun full colour berukuran 21 x 17 5 cm. Buku cerita bergambar mengadaptasi cerita Bawang Merah dan Bawang Putih dengan versi baru yang menonjolkan sifat kerukunan saling membantu dan persahabatan antar saudara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14282

Actions (login required)

View Item View Item