Pridanti, Puteri Rahayu Agata (2014) Materi pembelajaran bahasa Indonesia level 1 dalam program Rosetta Stone / Puteri Rahayu Agata Pridanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pridanti Puteri Rahayu Agata. 2014. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Level 1 dalam Program Rosetta Stone. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs. M. Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M. Pd. Kata Kunci materi pembelaran pembelajaran bahasa Indonesia Rosetta Stone 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Bahasa Indonesia kini tidak hanya diajarkan di sekolah-sekolah umum sebagai bahasa kedua tetapi juga sebagai bahasa asing. Perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia tersebut disebabkan oleh kedatangan para investor budayawan ilmuwan wisatawan dan lain sebagainya dari mancanegara. Hal tersebut yang mendorong berdirinya Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pembelajaran BIPA mempunyai karakteristik berbeda dengan bahasa Indonesia yang diajarkan di sekolah umum begitu pula dengan bahan ajar maupun materinya. Salah satu contoh bahan ajar untuk belajar bahasa Indonesia bagi penutur asing adalah CD interaktif Rosetta Stone. Rosetta Stone menggunakan kombinasi gambar teks dan suara dengan tingkat kesulitan meningkat dalam rangka mengajarkan berbagai kosakata istilah dan fungsi tata bahasa intuitif tanpa terjemahan yang disebut dengan Dynamic Immersion Method. Rosetta Stone bertujuan mengajarkan komunikasi sehari-hari. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah kelayakan atau keefektifan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang terdapat dalam perangkat tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang tertuang dalam Rosetta Stone yang secara khusus mencakup tiga aspek yaitu (1) ragam materi (2) penggradasian materi dan (3) latihan yang ditampilkan. 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah CD interaktif Rosetta Stone. Instrumen yang digunakan adalah tabel pemandu. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan mempelajari materi yang ada dalam Rosetta Stone. Wujud data berupa transkripsi materi pembelajaran dan latihan yang terdapat dalam Rosetta Stone. Dalam penelitian ini peneliti memilih peningkatan ketekunan dalam penelitian perpanjangan pengamatan dan diskusi teman sejawat sebagai pengecekan keabsahan temuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Materi pembelajaran yang diajarkan dalam Rosetta Stone mencakup dua kategori penting yaitu materi kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Materi kebahasaan yang ditemukan dalam Rosetta Stone for Indonesian meliputi materi kosakata dan tata bahasa. Rosetta Stone menyajikan materi dengan teknik spiral sehingga terdapat pengulangan materi di setiap unit pembelajaran. Keeefisienan dan keefektifan penyampaian materi tidak tampak karena adanya pengulangan yang berlebihan dan monoton. Latihan yang ditampilkan dalam Rosetta Stone meliputi 5 keterampilan berbahasa yaitu listening reading listening reading writing dan speaking. Semua latihan tersebut termasuk ke dalam ranah kognitif tingkat C1 (hafalan). Latihan-latihan yang ditampilkan berjenis multiple choice exercise dictation exercise jumble word exercise dan repetition exercise.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142818 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |