Praktik-praktik baik dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri Kawasan Tugu Malang / Suhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktik-praktik baik dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri Kawasan Tugu Malang / Suhayati

Suhayati (2014) Praktik-praktik baik dalam pembelajaran bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri Kawasan Tugu Malang / Suhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhayati. 2014. Praktik-praktik Baik dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada SMA Negeri Kawasan Tugu Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suyono M. Pd (2) Dr. Martutik M. Pd. Kata Kunci praktik baik pembelajaran bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang sangat kompleks karena mencakup perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Dalam pembelajaran tersebut tidak seutuhnya berjalan dengan sempurna. Namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa ada sebagian kegiatan yang sudah berjalan dengan baik dalam pembelajaran. Praktik baik tersebut perlu dihargai sebagai suatu usaha meningkatkan pembelajaran di samping kekurangan yang ada. Sejauh ini kinerja guru menoreh banyak kritikan dari berbagai pihak mengenai kualitasnya sehingga hampir tidak ditemui secara nyata keberadaan guru tersebut. Padahal di balik kelancaran proses pembelajaran di balik keberhasilan siswa untuk memahami terdapat campur tangan guru yang besar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik-praktik baik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada SMA Negeri Tugu baik dalam perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh berupa data verbal tentang proses perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang dijaring dengan instrument pedoman observasi pedoman wawancara dan angket. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data ditemukan 14 praktik baik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada SMA Negeri Tugu Malang yang tercakup dalam proses perencanaan peaksanaan dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran ditemukan dua praktik baik yaitu kerja sama guru dalam perencanaan pembelajaran dan pengelompokkan KD yang serumpun. Pada tahap pelaksanaan ditemukan sepuluh praktik baik di dalam kelas dan di luar kelas. Empat praktik baik di dalam kelas adalah (1) perencanaan sebagai pegangan dalam mengajar (2) siswa aktif merespons (3) media yang menarik dan (4) adanya penghargaan dari guru atas prestasi siswa. Enam praktik baik di luar kelas adalah (1) diskusi atau bedah buku di sekolah (2) tema/materi mading berhubungan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia (3) pemanfaatan pojok baca (4) kegiatan berbahasa dan bersastra dengan tema hari-hari besar (5) siswa menulis dan membacakan karya di depan umum dan (6) pembuatan film pendek. Pada penilaian pembelajaran ditemukan dua praktik baik yaitu guru benar-benar mengukur keterampilan siswa (validitas alat ukur) dan kesesuaian penilaian pembelajaran dengan perencanaan pembelajaran. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dikemukakan saran (1) penelitian ini diharapkan dapat menjadi contoh atau acuan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah (2)guru dan siswa diharapkan dapat meningkatkan praktik baik di sekolahnya dan (3) peneliti mengharapkan penelitian lanjutan untuk menemukan praktik-praktik baik yang ada di sekolah-sekolah lain supaya semakin banyak praktik baik yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142817

Actions (login required)

View Item View Item