Pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari / Mifta Kharima Akbari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari / Mifta Kharima Akbari Putri

Putri, Mifta Kharima Akbari (2014) Pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari / Mifta Kharima Akbari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Mifta Kharima Akbari. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Karya Wisata terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci menulis puisi pembelajaran menulis puisi metode karya wisata 12288 12288 12288 12288 Menulis puisi merupakan keterampilan bersastra yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Di dalam kurikulum Bahasa Indonesia materi menulis kreatif puisi terdapat pada pembelajaran yang diajarkan kelas VIII SMP yakni menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Menulis puisi masih dianggap sulit oleh siswa salah satunya disebabkan guru menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dan merasa semakin kesulitan menulis puisi. Metode karya wisata merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Metode karya wisata adalah metode belajar dengan mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu tempat atau objek tertentu untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu. Kelebihan dari metode karya wisata adalah siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang ada di amati. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis puisi dalam aspek kemampuan menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan tema membentuk citraan/imaji membentuk majas menata rima dan mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan isi puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Jenis desain penelitian yang digunakan adalah desain control group pre-test and pos-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singosari tahun pelajaran 2013/2014. Langkah-langkah desain eksperimen semu sebagai berikut (1) mengidentifikasi karakteristik populasi kemudian dipilih dua kelas yang memiliki karakteristik sama yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) pemberian pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis puisi (3) pemberian dua kali perlakuan berupa penggunaan metode karya wisata terhadap kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional terhadap kelas kontrol dan (4) pemberian postes kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dihitung dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan pengujian Ha diterima jikasignifikansi 8804 0 05. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji hipotesis secara keseluruhan diketahui bahwa metode karya wisata berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari dengan rincian bahwa metode karya wisata berpengaruh terhadap kemampuan (1) menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai dengan tema (0 01 8804 0 05) (2) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk membentuk citraan/imaji (0 00 8804 0 05) (3) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk membentuk majas (0 00 8804 0 05) (4) menggunakan pilihan kata yang sesuai untuk menata rima (0 001 8804 0 05) dan (5) mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan isi puisi (0 022 8804 0 05). 12288 12288 12288 12288 Dari kelima aspek kemampuan membentuk majas adalah kemampuan yang paling dipengaruhi dengan selisih nilai rata-rata 31.31 karena dalam proses menulis puisi siswa mendapatkan larik-larik puisi dari hasil pengamatan siswa terhadap objek kemudian membandingkan larik awal yang masih sederhana menjadi larik yang lebih menyimpan nilai keindahan sehingga siswa dapat memperbaiki larik tersebut. Kemampuan kedua yang paling dipengaruhi yaitu kemampuan membentuk citraan/imaji dengan selisih nilai rata-rata 28.507 karena siswa diarahkan untuk menemukan apa yang dilihat apa yang didengar dan apa yang dirasakan dari objek yang diamati sehingga penggunaan imaji siswa lebih jelas dan nyata kemampuan ketiga dengan selisih nilai rata-rata 19.973 yaitu menata rima kemampuan keempat yaitu kemampuan menggunakan pilihan kata yang tepat dan sesuai tema dengan selisih nilai rata-rata 12.767 kemampuan kelima yang dipengaruhi yaitu kemampuan mempertimbangkan kesatuan dan keutuhan puisi dengan selisih nilai rata-rata yaitu 11.524 aspek tersebut merupakan aspek terendah yang dipengaruhi metode karya wisata. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singosari sehingga metode karya wisata dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142814

Actions (login required)

View Item View Item