Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII / Erni Retnosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII / Erni Retnosari

Retnosari, Erni (2014) Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII / Erni Retnosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Retnosari Erni. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Masalah untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis puisi pengajaran berbasis masalah 12288 12288 12288 12288 Pengembangan bahan ajar menulis puisi ini didasari oleh kebutuhan terhadap bahan ajar yang mempermudah siswa dalam menulis puisi. Menulis puisi tidak hanya menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan dan berbentuk bait-bait namun dalam menulis puisi diperlukan suatu gambaran konteks yang diwakili dalam baris-baris tulisan dan memiliki makna yang tepat. Menulis puisi bebas merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP. Saat menulis puisi siswa sulit mengawali tulisan dan sulit meneruskan tulisan karena kehabisan kata-kata. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah perlu dilakukan untuk menunjang pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan isi sistematika penyajian penggunaan dan tampilan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah modifikasi model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan modifikasi tersebut berikut prosedur pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan dan pengembangan draf produk (3) validasi ahli (4) revisi produk yang telah divalidasi tim ahli (5) uji coba kelompok kecil/skala terbatas (6) revisi produk akhir dan (7) produk akhir. 12288 12288 12288 12288 Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pedoman wawancara dan angket. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi awal terkait pembelajaran menulis puisi di sekolah dan angket digunakan untuk menganalisis kebutuhan siswa dan untuk menilai kelayakan produk berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi aspek isi menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 87% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan ahli pembelajaran 92 86% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan dan guru bahasa Indonesia 100% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan isi yaitu 93 45% yang berarti pengembangan isi bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi aspek sistematika penyajian menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 87% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan ahli pembelajaran 75% yang berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian berdasarkan saran dan komentar dan guru bahasa Indonesia 100% berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan sistematika penyajian yaitu 87 5% yang berarti pengembangan sistematika penyajian bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi aspek penggunaan bahasa menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 91 67% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan ahli pembelajaran 75% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran dan komentar dan guru bahasa Indonesia 83 33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan penggunaan bahasa yaitu 86 25% yang berarti pengembangan penggunaan bahasa dalam bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi aspek tampilan menurut ahli materi mendapat rata-rata persentase kelayakan 91 67% yang berarti sangat layak dan dapat diimplementasikan ahli pembelajaran 83 33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran dan komentar dan guru bahasa Indonesia 83 33% berarti layak dan dapat diimplementasikan dengan revisi sebagian sesuai saran dan komentar. Rata-rata persentase hasil validasi kelayakan tampilan yaitu 87 26% yang berarti pengembangan tampilan bahan ajar dinilai sangat layak dan dapat diimplementasikan. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji kelompok kecil menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti tahapan menulis puisi berbasis masalah. Hasil karya siswa tersebut membuktikan keterbacaan bahan ajar dan keterpahaman materi yang disajikan dalam bahan ajar sehingga penyampaian materi latihan dan perintah kerja dapat dipahami siswa dengan baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu aspek isi sistematika penyajian penggunaan bahasa dan tampilan bahan ajar menulis puisi berbasis masalah untuk siswa SMP kelas VIII tergolong layak dan kepada guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar ini dalam pembelajaran menulis puisi bebas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142808

Actions (login required)

View Item View Item