Pengembangan media interaktif mengapresiasi kutipan novel remaja untuk SMP kelas VIII / Meisaroh Nur Faida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif mengapresiasi kutipan novel remaja untuk SMP kelas VIII / Meisaroh Nur Faida

Faida, Meisaroh Nur (2014) Pengembangan media interaktif mengapresiasi kutipan novel remaja untuk SMP kelas VIII / Meisaroh Nur Faida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faida Meisaroh Nur. 2014. Pengembangan Media Interaktif Mengapresiasi Kutipan Novel Remaja untuk SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (2) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran apresiasi sastra multimedia interaktif novel remaja 12288 12288 12288 12288 Salah satu kemajuan yang memberikan perubahan kehidupan masyarakat secara luas adalah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi tersebut menimbulkan upaya untuk melakukan sebuah perubahan sistem dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu kemajuan teknologi adalah kehadiran teknologi multimedia yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi pembelajaran yang menarik interaktif dan mampu mengembangkan kemampuan siswa secara optimal. 12288 12288 12288 12288 Pengoptimalan media pembelajaran merupakan salah satu langkah yang harus ditempuh guru agar pola pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Media pembelajaran interaktif merupakan bagian dari multimedia yang dibentuk menjadi media pembelajaran interaktif dapat diterapkan pada proses pembelajaran pada masa sekarang di mana teknologi sangat maju dan didukung dengan kemampuan siswa SMP yang hampir semua dapat menggunakan komputer. 12288 12288 12288 12288 Tujuan umum penelitian pengembangan ini yaitu mengembangkan media pembelajaran yang berupa media interaktif mengapresiasi kutipan novel remaja SMP Kelas VIII untuk mendukung proses pembelajaran agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan hasil pembelajaran yang maksimal. Selanjutnya tujuan khusus pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran mengapresiasi kutipan novel remaja untuk SMP kelas VIII yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dan (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran mengapresiasi kutipan novel remaja berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas VIII. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model desain penelitian dan pengembangan Sadiman (2003 98). Model desain penelitian dan pengembangan Sadiman dirumuskan dalam langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan instruksional (3) pengembangan materi pembelajaran (4) pengembangan alat evaluasi media (5) penyusunan naskah media (6) produksi media (7) uji coba media dan (8) revisi media. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji lapangan diperoleh data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil analisis data isi dan sistematika media pembelajaran oleh materi 82.5% oleh praktisi 82.5 dan oleh siswa 74.47%. Hasil analisis data sajian media pembelajaran oleh ahli materi 72.9% oleh ahli media 71.1% oleh praktisi 79.1% dan oleh siswa 78.1%. Hasil analisis data bahasa media pembelajaran oleh ahli materi 83.3% oleh 68% oleh praktisi 81.25% dan oleh siswa 82%. Terakhir hasil analisis kemudahan validasi oleh ahli media 75% dan oleh praktisi 79.1% Media pembelajaran yang menarik harus memiliki kemampuan dalam menggabungkan semua unsur media seperi teks video animasi gambar dan suara menjadi satu kesatuan yang terintegerasi. Media interaktif mengapresiasi kutipan novel ini sudah menggabungkan komponen-komponen tersebut sehingga siswa menjadi tertarik dan termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142807

Actions (login required)

View Item View Item