Pengembangan alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan eksposisi siswa kelas X SMA / Miftakhul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan eksposisi siswa kelas X SMA / Miftakhul Jannah

Jannah, Miftakhul (2014) Pengembangan alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan eksposisi siswa kelas X SMA / Miftakhul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah Miftakhul. 2014. Pengembangan Alat Penilaian Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dan Eksposisi Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi teks eksposisi Dalam pembelajaran bahasa Indonesia usaha yang dapat ditempuh guru untuk mengetahui kemampuan siswa adalah dengan melakukan penilaian. Penilaian yang dilakukan harus tepat agar mampu mengukur kemampuan siswa yang sesungguhnya. Oleh karena itu diperlukan alat penilaian yang layak untuk mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan alat penilaian ini disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Penerapan kurikulum tersebut masih tergolong baru dan belum banyak alat penilaian yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum tersebut. Selain itu banyak ditemukan butir-butir soal tanpa kunci jawaban dan pedoman penilaian yang jelas seperti butir-butir soal dalam beberapa buku latihan siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian perlu dikembangkan alat penilaian membaca pemahaman untuk menghasilkan produk alat penilaian yang mudah digunakan oleh siapa saja untuk mengukur kemampuannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menghasilkan alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa kelas X SMA. Tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan alat penilaian yang layak dari aspek validitas isi validitas konstruk reliabilitas keterbacaan dan kepraktisan. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian ini diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap prosedur pengembangan yaitu (1) perencanaan (2) pengembangan produk (3) uji produk dan (4) revisi. Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan uji kepada ahli evaluasi ahli materi praktisi (guru bahasa Indonesia) dan siswa kelas X SMA. Jenis data dalam penelitian ini adalah data verbal dan data nominal. Data verbal berupa saran dan komentar yang dituliskan dalam lembar angket ketika dilaksanakan uji produk. Data nominal berupa skor uji validasi dan skor uji lapangan. 12288 12288 12288 12288 Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara untuk praktisi tabel telaah kurikulum dan teori tabel analisis buku siswa tabel telaah penelitian terdahulu dan angket untuk ahli I dan praktisi angket untuk ahli II serta angket untuk siswa. Data prapengembangan dianalisis dengan cara mendeskripsiskan secara keseluruhan data. Data uji produk dianalisis dengan cara memilah data yang berupa data verbal dan data nominal. Data nominal dihitung dengan menggunakan rumus untuk menghitung persentase. Selanjutnya merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji produk soal pilihan ganda diperoleh rata-rata validitas isi sebesar 92 5% validitas konstruk sebesar 90% reliabilitas sebesar 1 00 keterbacaan dan kepraktisan sebesar 84 4%. Uji produk terhadap soal uraian diperoleh rata-rata validitas isi sebesar 92 5% validitas konstruk sebesar 87 5% reliabilitas sebesar 0 78 keterbacaan dan kepraktisan sebesar 85 4%. Hasil uji produk menunjukkan bahwa produk tergolong sangat layak dan siap diimplementasikan. Produk yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan guru untuk menilai kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Bagi peneliti lain produk tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dan sumber bacaan untuk mengembangkan alat penilaian pembelajaran bahasa Indonesia dengan Kompentensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang lain. Selain itu dapat dikembangkan pula alat penilaian membaca pemahaman teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa kelas X SMA dengan variasi tes yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142806

Actions (login required)

View Item View Item