Kemampuan menyimak berita siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari Malang / Lady Apsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menyimak berita siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari Malang / Lady Apsari

Apsari, Lady (2014) Kemampuan menyimak berita siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari Malang / Lady Apsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apsari Lady. 2014. Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata kunci menyimak pembelajaran menyimak menyimak berita 12288 12288 12288 Untuk memperoleh sebuah informasi kegiatan yang pertama kali dilakukan seseorang adalah menyimak. Keterampilan menyimak bisa mempengaruhi keterampilan berbahasa yang lain. Keterampilan berbahasa itu antara lain adalah keterampilan berbicara membaca dan menulis. Jika kegiatan menyimak tidak berjalan dengan baik maka kegiatan berbahasa yang lain pun tidak akan berjalan normal. Dalam pembelajaran berbahasa terdapat empat aspek yang harus dikuasai siswa yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Pada pembelajaran berbahasa di sekolah juga diajarkan keterampilan menyimak. Hal ini dibuktikan pada standart isi terdapat aspek menyimak dengan kompetensi dasar menyimpulkan pokok isi berita yang telah didengar ke dalam beberapa kalimat. 12288 12288 12288 Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyimak berita secara khusus bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari dalam menemukan pokok isi berita yang didengar dan (2) kemampuan siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari dalam merangkai pokok isi berita ke dalam sebuah paragraf. 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 1 Singosari. Siswa kelas VII terdiri dari empat kelas dengan jumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pertanyaan subjektif uraian bebas. Tes ini dilaksanakan dengan memutar tape recorder. Pada tahap pengumpulan data siswa diperdengarkan sebuah audio berita. Data penelitian ini berupa skor untuk setiap hasil kerja siswa berdasarkan aspek-aspek penilaian yang sudah ditentukan dalam pedoman penilaian kemudian dari hasil penyekoran tersebut dideskripsikan kemampuan siswa dalam menyimak berita. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP PGRI 1dalam menemukan pokok isi berita secara keseluruhan dikategorikan cukup dengan presentase sebesar 29 29%.Kemampuan siswa secara rinci yaitu kemampuan menemukan unsur apa sebesar 67 68% unsur siapa sebesar 39 39% unsur kapan sebesar 5 05% unsur bagaimana sebesar 54 55% unsur dimana sebesar 18 18% unsur mengapa sebesar 0%. Pada kemampuan siswa dalam merangkai paragraf secara keseluruhan dapat dikategorikan kurang dengan presentase sebesar 37 37%. Kemampuan siswa secara rinci yaitu aspek kelengkapan dikategorikan cukup baik yaitu dengan persentase sebesar 28 28%. Aspek keruntutan dapat dikategorikan cukup baik yaitu dengan persentase sebesar 26 26%. Aspek kejelasan dikategorikan cukup baik yaitu dengan persentase sebesar 27 27%. Kemampuan siswa dalam menuliskan jumlah kalimat dalam paragraf dikategorikan sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 36 36%. Kemampuan siswa dalam kehematan kalimat yang digunakan dalam merangkai paragraf dikategorikan baik yaitu dengan persentase sebesar 33 33%. Kemampuan siswa dalam menggunakan kata baku dalam merangkai paragraf pada dikategorikan cukup yaitu dengan persentase sebesar 42 42%. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan peneliti. Petama bagi guru pelajaran Bahasa Indonesia penelitian ini untuk mengetahui potret objektif dalam kemampuan menyimak berita siswa. Hal ini diharapkan dapat memberikan suatu gambaran pada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai kemampuan siswa dalam menyimak berita. Setelah mengetahui tingkat kemampuan siswa guru bisa memberikan perlakuan yang lebih tepat kepada siswa atau kelas. Perlakuan tersebut bisa dengan cara membuat metode media dan model yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Guru juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam hal menyimak. Kedua bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian sejenis atau dapat pula sebagai masukan untuk membuat penelitian baru dalam hal metode media bahan ajar dalam hal menyimak berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142771

Actions (login required)

View Item View Item