Keefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan berpikir dan mengembangkan paragraf siswa kelas VIII / Evi Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan berpikir dan mengembangkan paragraf siswa kelas VIII / Evi Agustina

Agustina, Evi (2014) Keefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan berpikir dan mengembangkan paragraf siswa kelas VIII / Evi Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Evi. 2014. Keefektifan Teknik Bongkar Pasang Paragraf untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Mengembangkan Paragraf Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M. Si. Kata Kunci teknik bongkar pasang paragraf paragraf Pengembangan kemampuan berpikir merupakan pengembangan aspek kognitif yang meliputi aspek mengingat memahami menganalisis mengaplikasikan mengevaluasi dan mengkreasi. Keenam aspek tersebut saling melengkapi dalam pembelajaran menulis terutama menulis pola pengembangan paragraf atau jenis paragraf yang ditulis siswa. Oleh karena itu pengembangan kemampuan berpikir dan mengembangkan paragraf perlu dibelajarkan dengan menggunakan teknik bongkar pasang paragraf. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan berpikir dan mengembangkan paragraf. Pendeskripsian pengembangan kemampuan berpikir terdiri atas enam kemampuan yaitu (1) mengingat (2) memahami (3) mengaplikasikan (4) menganalisis (5) mengevaluasi dan (6) mengkreasi. Pendeskripsian pengembangan kemampuan mengembangkan paragraf terdiri atas lima kemampuan yaitu (1) menulis kalimat utama dan penjelas (2) memilih kata (3) penggunaan ejaan dan tanda baca (4) memaparkan pendahuluan isi dan penutup dan (5) memilih pola pengembangan paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tumpang. Sampel terdiri atas 54 siswa kelas VIII H (kelas eksperimen) dan kelas VIII G (kelas kontrol). Kelas eksperimen diberi perlakuan Teknik Bongkar Pasang Paragraf dan kelas kontrol dikenai perlakuan metode guru (Menulis Bebas Ceramah). Instrumen yang digunakan yaitu perintah dan petunjuk menulis laporan kegiatan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bongkar pasang paragraf efektif untuk pengembangan kemampuan berpikir pada aspek (1) pengembangan kemampuan mengingat kegiatan yang telah dilaksanakan (2) pengembangan kemampuan mengaplikasikan kegiatan yang telah dilaksanakan ke dalam karangan (3) pengembangan kemampuan menganalisis kegiatan yang akan ditulis (4) pengembangan kemampuan mengevaluasi hasil karangan yang telah ditulis dan (5) pengembangan kemampuan mengkreasi hasil tulisan. Teknik bongkar pasang paragraf tidak efektif pada aspek pengembangan kemampuan memahami kegiatan yang telah ditulis. Ketidakefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan berpikir disebabkan oleh tidak adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 12288 12288 12288 12288 Teknik bongkar pasang paragraf efektif untuk pengembangan kemampuan mengembangkan paragraf pada aspek (1) pengembangan kemampuan memilih kata (2) pengembangan kemampuan memaparkan pendahuluan isi dan penutup serta (3) pengembangan kemampuan memilih pola pengembangan paragraf. Teknik bongkar pasang paragraf tidak efektif pada pengembangan kemampuan menulis kalimat utama dan penjelas serta penggunaan ejaan dan tanda baca. Ketidakefektifan teknik bongkar pasang paragraf untuk pengembangan kemampuan mengembangkan paragraf disebabkan oleh tidak adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan temuan pada saat penelitian adalah (1) kemampuan memahami menulis kalimat utama dan penjelas dan penggunaan ejaan dan tanda baca siswa perlu ditingkatkan dengan menulis secara berulang-ulang dan (2) pembelajaran memahami menulis kalimat utama dan penjelas dan penggunaan ejaan dan tanda baca dapat diajarkan guru dalam keterampilan menulis dengan memberikan pelatihan menulis secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142767

Actions (login required)

View Item View Item