Pengembangan media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X / Anisa Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X / Anisa Ulfah

Ulfah, Anisa (2014) Pengembangan media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas X / Anisa Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulfah Anisa. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menyunting Tulisan Argumentasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Dawud M.Pd dan (II) Dewi Pusposari S.Pd M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi multimedia interaktif 12288 12288 12288 12288 Kemajuan teknologi memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat dalam semua bidang termasuk bidang pendidikan. Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan tersebut dapat dimanfaatkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif menyenangkan dan menambah motivasi siswa dengan menghadirkan media pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa karena melibatkan siswa secara langsung. Dengan adanya media pembelajaran siswa dapat mengembangkan kemampuannya secara optimal. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran menyunting merupakan salah satu kompetensi dasar (KD) pada standar isi Kurikulum 2013. Kompetensi menyunting tidak hanya menuntut siswa untuk dapat menunjukkan kesalahan tulisan tetapi mereka juga harus dapat memperbaikinya dengan tepat. Namun kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah menjadikan siswa hanya mengandalkan buku ajar dalam mempelajari kompetensi menyunting. Untuk itu diperlukan pengembangan media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi. Ada beberapa alasan yang mendasari pentingnya pengembangan media pembelajaran yaitu kebutuhan siswa dan tuntutan pada guru untuk dapat menyajikan materi pembelajaran yang berkualitas serta sesuai dengan karakteristik siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif. Adapun tujuan penelitian secara khusus adalah mengembangkan isi media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi berbasis multimedia interaktif dan mendeskripsikan tingkat kelayakan media yang dihasilkan. Media dikembangkan berdasarkan tiga aspek yaitu aspek isi tampilan dan bahasa media. Media yang dihasilkan ditujukan untuk siswa kelas X tingkat menengah atas sederajat. Media dihasilkan dengan program Macromedia Flash. 12288 12288 12288 12288 Model penelitian ini adalah model prosedural meliputi (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba dan (4) tahap revisi produk. Produk hasil pengembangan diujicobakan kepada ahli materi pembelajaran menyunting tulisan argumentasi dan ahli media pembelajaran guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X dengan membagikan angket. Data penelitian berupa data numerik dan data verbal. Berdasarkan hasil uji coba dengan ahli dan praktisi persentase nilai rata-rata aspek isi media pembelajaran diberikan oleh subjek coba adalah 92 2% yang menunjukkan media dapat diimplementasikan tanpa direvisi. Aspek tampilan mendapat nilai persentase 84% yang menunjukkan media cukup layak untuk diimplementasikan tetapi tetap dilakukan revisi sesuai saran dari subjek coba. Adapun aspek bahasa mendapat nilai 84% yang menunjukkan media telah layak untuk diimplementasikan tetapi tetap dilakukan sedikit revisi sesuai saran dari subjek coba untuk menyempurnakan produk. 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran yang dihasilkan adalah Media Pembelajaran Menyunting Tulisan Argumentasi berbasis Multimedia Interaktif yang dikemas di dalam CD. Ada lima menu utama dalam media pembelajaran yaitu menu petunjuk penggunaan kompetensi pembelajaran inti referensi dan profil pengembang. Pembelajaran inti merupakan menu penyajian pembelajaran berdasarkan tahap metode saintifik yaitu submenu Ayo Berdoa yang merupakan wujud kegiatan penanaman karakter siswa agar senantiasa membiasakan diri untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran. Submenu Ayo Lebih Cermat yang merupakan wujud kegiatan mengamati. Submenu Ayo Cari Tahu yang merupakan wujud kegiatan mempertanyakan. Submenu ini berisi materi tentang hakikat tulisan argumentasi hakikat menyunting aspek penyuntingan dan langkah menyunting. 12288 12288 12288 12288 Submenu ketiga adalah Ayo Berlatih yang merupakan wujud kegiatan mencoba. Submenu ini berisi latihan menyunting tulisan argumentasi per aspek. Submenu keempat adalah Ayo Aku Pasti Bisa yang merupakan wujud kegiatan menalar. Submenu ini berisi latihan menyunting secara menyeluruh dan memberikan nilai dari hasil jawaban siswa. Submenu terakhir adalah Ayo Bersyukur yang merupakan kegiatan refleksi serta penanaman karakter agar siswa senantiasa bersyukur atas apa yang telah didapatkan. Aspek penyuntingan yang dikembangkan dalam media pembelajaran adalah menyunting proposisi kepaduan isi tulisan dan kelengkapan struktur isi tulisan. Aspek tambahan yang tidak dapat lepas dari pembelajaran bahasa Indonesia adalah aspek bahasa. Aspek ini meliputi penulisan huruf kapital tanda baca ejaan dan kata. 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran ini dikembangkan sesuai dengan konsep berbasis interaktif yang ditandai dengan adanya tombol-tombol interaktif adanya balikan atau penguatan serta materi pembelajaran yang disajikan tidak hanya dalam satu format. Selain itu media pembelajaran menyunting tulisan argumentasi ini telah menampilkan kombinasi warna yang harmonis. Bahasa yang digunakan media adalah bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami siswa. Media pembelajaran juga diiringi instrumen musik yang dapat membuat situasi belajar jadi menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Sebagai langkah pemanfaatan produk yang dihasilkan pada penelitian ini ada beberapa saran yang ditujukan kepada pihak-pihak yang bersangkutan dengan pengembangan media pembelajaran. Media dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa kelas X semua jurusan. Media dapat disebarluaskan melalui forum MGMP atau diunggah ke jurnal yang ada di internet. Saran pengembangan produk lebih lanjut adalah mengembangkan media pembelajaran dengan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik sebagai alternatif pilihan media serta meneliti keefektifannya dalam proses pembelajaran. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142762

Actions (login required)

View Item View Item