Peningkatan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa meenggunakan media mind mapping pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang / Alfi Salamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa meenggunakan media mind mapping pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang / Alfi Salamah

Salamah, Alfi (2015) Peningkatan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa meenggunakan media mind mapping pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang / Alfi Salamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salamah Alfi. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Jawa Menggunakan Media Mind Mapping pada Siswa Kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dwi Sulistyorini S.S. M.Hum. Kata Kunci mind mapping menulis narasi bahasa Jawa Menulis narasi adalah salah satu kemampuan menulis yang diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kemampuan tersebut begitu penting diajarkan karena melatih siswa untuk berpikir kritis dan inovatif dalam mengasilkan suatu karangan. Pelajaran bahasa Jawa adalah salah satu pelajaran yang kurang diminati oleh siswa untuk itu menjadi penting untuk mencari solusi agar pelajaran bahasa Jawa dapat diminati oleh siswa. Berdasarkan hasil pengamatan pratindakan ditemukan data bahwa siswa yang mempunyai nilai di bawah SKM 70 sebanyak 28 siswa. Siswa kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan kualitas hasil siswa kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang dalam menulis karangan narasi bahasa Jawa menggunakan media pembelajaran Mind Mapping. Kualitas proses tersebut meliputi (1) kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas (2) kerjasama siswa di dalam kelas dan (3) keaktifan siswa di dalam kelas. Kualitas hasil siswa meliputi (1) kemampuan menentukan ide (2) kemampuan membuat kerangka narasi (3) kemampuan mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang utuh dan (4) kemampuan memuat karangan sesuai dengan tata cara penulisan yang benar serta bahasa Jawa yang tepat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan langkah yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Selama penelitian peneliti bertindak sebagai guru model. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Karangbesuki 1 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu (1) soal tes (2) pedoman wawancara (3) lembar observasi dan (4) angket. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan cara membandingkan nilai klasikal kemampuan menulis narasi siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Mind Mapping ini dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi bahasa Jawa. Pada kualitas proses terdapat peningkatan pada siklus I yakni dari 36 siswa terdapat 15 siswa yang meningkat. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 36 siswa terdapat 24 siswa yang meningkat. Pada kualitas hasil belajar siswa sebelum tindakan diberikan dari 36 siswa terdapat 28 siswa yang belum tuntas. Setelah diberikan tindakan terjadi peningkatan pada siklus I yakni dari 36 siswa terdapat 25 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 36 siswa terdapat 10 siswa yang belum tuntas memenuhi SKM 70. Dalam pembelajaran menulis karangan narasi bahasa Jawa menggunakan media mind mapping nampak siswa lebih tertarik dan siswa terkondisikan dengan baik. Siswa tidak lagi ramai atau mengantuk. Pada akhir siklus banyak siswa memenuhi SKM 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti merekomendasikan agar media Mind Mapping ini diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jawa agar siswa menjadi kreatif dan menikmati dalam pelajaran bahasa Jawa. Media pembelajaran ini juga dapat diterapkan pada mata pelajaran lain sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142716

Actions (login required)

View Item View Item