Ragam dan teknik pengembangan alur teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang / Elma Excavanti Tamaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Ragam dan teknik pengembangan alur teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang / Elma Excavanti Tamaya

Tamaya, Elma Excavanti (2015) Ragam dan teknik pengembangan alur teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang / Elma Excavanti Tamaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tamaya Elma Excavanti. 2014. Ragam dan Teknik Pengembangan Alur Teks Cerpen Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunoto M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci ragam tahapan teknik pengembangan alur teks cerpen Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai siswa pada jenjang SMP adalah menulis cerpen. Menulis cerpen merupakan salah satu bentuk keterampilan dalam pembelajaran sastra dan bisa disebut juga sebagai suatu proses kreatif. Dalam mengembangkan ide cerita dalam cerpen pengarang dapat mengembangkan ide cerita melalui alur atau tahapan peristiwa. Merangkai peristiwa dalam suatu cerita membutuhkan kreativitas yang tinggi karena hal tersebut akan menentukan kemenarikan suatu cerpen jika dilihat dari perspektif jalan cerita maupun ide ceritanya. Cara mengembangkan alur juga sangat bervariasi. Artinya tidak menutup kemungkinan adanya cerpen yang mengandung tahapan alur yang berbeda antara satu cerpen dengan cerpen lain. Berdasarkan tahapan-tahapan alur tersebut dapat ditemukan ragam dan teknik pengembangan alur pada teks cerpen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ragam dan teknik pengembangan alur yang digunakan pada teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data analisis data dan penyusunan laporan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah 28 teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang. Data tersebut kemudian dianalisis untuk menjelaskan fokus penelitian dan menjawab rumusan masalah penelitian. Fokus penelitian ini adalah tahapan alur teks cerpen sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ragam tahapan alur dan teknik pengembangan alur siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan ada tujuh ragam tahapan alur yaitu (1) pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-peleraian-penyelesaian sejumlah sembilan cerpen (2) pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-penyelesaian sejumlah dua cerpen (3) pengenalan-konflik-komplikasi-peleraian-penyelesaian sejumlah empat cerpen (4) pengenalan-konflik-pengenalan-komplikasi-klimaks-penyelesaian sejumlah enam cerpen (5) konflik-pengenalan-komplikasi-klimaks-peleraian-penyelesaian sejumlah satu cerpen (6) konflik-pengenalan-komplikasi-klimaks-penyelesaian sejumlah empat cerpen dan (7) konflik-pengenalan-komplikasi-peleraian-penyelesaian sejumlah dua cerpen. Selanjutnya teknik pengembangan alur ditemukan penggunaannya pada cerpen siswa kelas SMP Negeri 8 Malang. Teknik pengembangan alur yang ditemukan adalah peristiwa latar dan psikologi. Hal tersebut merujuk pada cara pengarang untuk mengembangkan tahapan alurnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara umum cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang memiliki ragam tahapan pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-peleraian-penyelesaian dan tidak semua cerpen diawali dengan tahapan pengenalan dan tidak semua mempunyai seluruh tahapan alur tersebut. Efek kehilangan salah satu tahapan alur tentunya berdampak pada pengembangan alur dan pembaca. Selanjutnya teknik pengembangan alur yang paling banyak digunakan adalah teknik pengembangan alur berdasarkan peristiwa. Penelitian tentang ragam tahapan dan teknik pengembangan alur pada teks cerpen siswa kelas VII-G SMP Negeri 8 Malang memiliki tiga saran yang ditujukan kepada guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia siswa dan peneliti selanjutnya. Pertama guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia diharapkan menyusun RPP yang dapat mengakomodasi siswa untuk berkreasi terhadap karangannya. Kedua diharapkan siswa untuk mengasah kreativitas untuk mengembangan tahapan alur dan memperhatikan kriteria teks cerpen yang utuh. Hal tersebut penting diperhatikan untuk memperoleh teks cerpen yang berkualitas. Ketiga peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji dan memfokuskan tentang ragam dan teknik pengembangan alur secara lebih komprehensif agar mendapatkan hasil penelitian yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142712

Actions (login required)

View Item View Item