Kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan oleh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pandaan / Nanang Slamet Riadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan oleh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pandaan / Nanang Slamet Riadi

Riadi, Nanang Slamet (2015) Kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan oleh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pandaan / Nanang Slamet Riadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riadi Nanang Slamet. 2014. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Pengamatan oleh Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pandaan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd (II) Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata kunci kemampuan menulis karya ilmiah metode pengamatan. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA mencakup berbagai materi yaitu keterampilan berbahasa dan keterampilan bersastra. Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek yaitu keterampilan membaca keterampilan menulis keterampilan menyimak dan keterampilan berbicara. Keempat aspek tersebut erat kaitannya satu sama lain dan merupakan satu kesatuan untuk mencapai keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis. Menulis adalah proses mengungkapkan atau menuangkan atau memaparkan dan menyampaikan gagasan melalui bahasa tulis berdasarkan tatanan tertentu sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan penulis kepada pembaca untuk dipahami. Melalui tulisan pesan penulis tersampaikan kepada pembaca. Semua tujuan tersebut dapat dicapai oleh penulis dengan menyusun ide pikiran gagasan dan perasaannya kemudian mengutarakannya dengan jelas. 12288 12288 12288 12288 Salah satu kegiatan menulis siswa adalah menulis karya ilmiah. Karya ilmiah adalah bentuk komunikasi tulisan mengenai hal tertentu yang menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang sistematis sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tulisan tersebut dipaparkan sesuai kaidah-kaidah yang baku dan menggunakan metode tertentu. Menulis karya ilmiah adalah kegiatan untuk menyampaikan gagasan-gagasan ekspresi dan pesan kepada orang lain (pembaca) mengenai masalah-masalah tertentu yang ditinjau dari segi keilmuan (ilmiah) dan disusun berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang telah dilakukan. Pada penelitian ini pembelajaran menulis karya ilmiah di SMA adalah menulis makalah. Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa menentukan topik karya ilmiah berdasarkan pengamatan (2) bagaimana kemampuan mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah berdasarkan pengamatan dan (3) bagaimana kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan siswa menentukan topik karya ilmiah berdasarkan pengamatan (2) mengetahui kemampuan mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah berdasarkan pengamatan dan (3) kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pandaan pada bulan Juni 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perintah dan petunjuk menulis karya ilmiah yang meliputi (1) instrument cara menentukan topik karya ilmiah (2) instrument cara mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah dan (3) instrumen menulis karya ilmiah. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif atau angka-angka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penskoran dan pencatatan data. Acuan rentangan skornya yaitu skor 1-4. Untuk skor 1 siswa memperoleh predikat kurang skor 2 memperoleh predikat cukup skor 3 memperoleh predikat baik dan skor 4 memperoleh predikat sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini dilihat pada tiga aspek. Pertama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek menentukan topic karya ilmiah. Hal ini dilihat rata-rata siswa memperoleh skor 3 yang termasuk kategori baik. Kedua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek mengembangkan kerangka karangan. Hal ini dilihat sebagian besar siswa mampu menyusun sistematika secara runtut dari bagian awal bagian isi dan bagian akhir disertai daftar rujukan. Skor rata-rata siswa adalah 3 yang termasuk kategori baik. Ketiga siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek menulis karya ilmiah. Hal ini dilihat sebagian besar siswa dapat menentukan topic dari hasil pengamatan mengembangkan kerangka karangan disertai daftar rujukan dan penggunaan bahasa ejaan dan tandabaca yang tepat dalam penulisan karyailmiah. Skor rata-rata siswa adalah 3 yang termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142697

Actions (login required)

View Item View Item