Metode pembelajaran menulis di sekolah (penelitian meta-sintesis metode pembelajaran bahasa Indonesia 2011-2013) / Firda Adista Faisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran menulis di sekolah (penelitian meta-sintesis metode pembelajaran bahasa Indonesia 2011-2013) / Firda Adista Faisal

Faisal, Firda Adista (2015) Metode pembelajaran menulis di sekolah (penelitian meta-sintesis metode pembelajaran bahasa Indonesia 2011-2013) / Firda Adista Faisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faisal Firda Adista. 2014. Metode Pembelajaran Menulis di Sekolah. Analisis Meta-Sintesis Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia 2011 2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M. Pd. (II) Dr. Roekhan M. Pd. Kata Kunci Pembelajaran Menulis Sastra dan Nonsastra Nilai Kebaruan dan Pendidikan Berpikir 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Dewasa ini keterampilan menulis menjadi semakin penting untuk dikuasai. Berbagai aktivitas manusia di era modern didominasi oleh kegiatan membaca dan menulis. Oleh karena itu pembelajaran menulis di lingkup pendidikan formal (SD SMP dan SMA) perlu ditingkatkan. Salah satu upaya peningkatan pembelajaran menulis di lingkup pendidikan formal adalah dengan mengaplikasikan berbagai metode pembelajaran menulis yang aktual dan sesuai dengan kompetensi. Meskipun demikian informasi mengenai metode-metode pembelajaran menulis yang aktual tersebut umumnya hanya dapat diperoleh secara lengkap dan rinci melalui pembacaan hasil penelitian dan atau pengembangan. Berdasarkan latar belakang tersebut dalam penelitian ini didokumentasikan dan dibahas mengenai beberapa metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian pada tahun 2011 2013. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian ini mencakup (1) deskripsi metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian pada tahun 2011 2013 (2) nilai kebaruan metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian pada tahun 2011 2013 dan (3) wujud pendidikan berpikir yang terdapat dalam metode-metode pembelajaran menulis pada tahun 2011 2013. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan adalah studi dokumen. Awalnya peneliti akan mengumpulkan sumber berupa dokumen sebanyak mungkin sebagai perbandingan untuk akurasi data. Kemudian peneliti mensintesis (merangkum) hasil-hasil penelitian kualitatif atau yang biasa disebut dengan meta-sintesis . Proses meta-sintesis mencakup enam langkah yaitu (1) memformulasikan pertanyaan penelitian (formulating the review question) (2) melakukan pencarian literatur systematic review (conducting a systematic literature search) (3) melakukan skrining dan seleksi artikel penelitian yang cocok (screening and selecting appropriate research articles) (4) melakukan analisis dan sintesis temuan-temuan kualitatif (analyzing and synthesizing qualitative findings) (5) memberlakukan kendali mutu (maintaining quality control) dan (6) menyusun laporan akhir (presenting findings). 12288 12288 12288 Pembahasan dilakukan terhadap tiga hal (1) metode-metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian atau pengembangan pada tahun 2011-2013 (2) analisis kebaruan substansi metode-metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian atau pengembangan pada tahun 2011-2013 dan (3) wujud pendidikan berpikir dalam metode-metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian atau pengembangan pada tahun 2011-2013. Sebagai hasilnya terdapat sebelas metode-metode pembelajaran menulis yang menjadi bahan kajian atau pengembangan pada tahun 2011-2013. Semua metode tersebut memiliki kebaruan substansi jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Sebagian besar metode tersebut menunjukkan wujud pendidikan berpikir tingkat tinggi dalam langkah-langkah pembelajarannya. Penelitian ini memiliki tiga saran yang diberikan. Pertama bagi para pendidik. Para pendidik seyogyanya senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif dalam pembelajaran khususnya pembelajaran menulis. Kedua bagi pihak sekolah. Para tenaga pendidik yang kreatif dan inovatif perlu mendapat perhatian dan dukungan berupa penyediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang pengembangan metode pembelajaran. Ketiga bagi peneliti dengan fokus penelitian serupa. Metode-metode lama belum tentu didominasi oleh aspek negatif yang dapat menghambat pembelajaran. Oleh karena itu inovasi-inovasi baru yang terinspirasi oleh metode-metode yang telah dikembangkan sebelumnya sah-sah saja dilakukan demi perkembangan pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142696

Actions (login required)

View Item View Item