Pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Wulandari

Wulandari (2015) Pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang / Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari. 2015. Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata Kunci strategi TTW kemampuan menulis teks eksposisi Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek isi (2) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek struktur teks dan (3) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek bahasa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi TTW sedangkan kelompok kontrol menggunakan strategi konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan berupa tes menulis berbentuk esai beserta rubrik penilaian hasil menulis. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek isi. Hal ini berdasar pada hasil analisis statistik uji beda postes menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 001 (Sig. 2-tailed

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142691

Actions (login required)

View Item View Item