Kurniawati, Riska (2015) Kemampuan menulis puisi siswa kelas VII MTs. Ma'arif NU Kota Blitar tahun pelajaran 2013/2014 / Riska Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawati Riska. 2009. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII MTs. Ma arif NU Kota Blitar Tahun Pelajaran 2013/2014 Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roekhan M.Pd (2) Dewi Pusposari S.Pd M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis puisi peristiwa yang pernah dialami puzzle diksi dan gambar. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII MTs. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa dari aspek (1) memilih tema (2) memilih kata (diksi) (3) menata rima (4) menghadirkan imaji dan (5) membentu majas. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Data berupa skor hasil kemampuan menulis puisi siswa dari aspek (1) memilih tema (2) memilih kata (diksi) (3) menata rima (4) menghadirkan imaji dan (5) membentuk majas. Sumber data berupa puisi hasil karya siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes menulis puisi kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah analisis. Langkah tersebut meliputi persiapan tabulasi dan pengolahan data. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Ma arif NU Kota Blitar. Jumlah keseluruhan siswa kelas VII MTs. Ma arif NU Kota Blitar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 190 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII ULA berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa secara umum kemampuan siswa kelas VII MTs Ma arif NU Kota Blitar tahun pelajaran 2013/2014 dalam menulis puisi masih kurang. Secara berurutan tingkat kemampuan menulis puisi per aspek yang dicapai siswa adalah (1) memilih tema (2) memilih kata (diksi) (3) menata rima (4) menghadirkan imaji dan (5) membentuk majas. Pertama pada aspek menata rima hasil yang dicapai siswa sebesar 73 68% dengan kategori cukup. Kedua pada aspek memilih kata (diksi) hasil yang dicapai siswa sebesar 68 42% dengan kategori cukup. Ketiga pada aspek memilih tema hasil yang dicapai siswa sebesar 65 78% dengan kategori cukup. Keempat aspek menghadirkan imaji hasil yang dicapai siswa sebesar 28 95% dengan kategori kurang. Kelima pada aspek membentuk majas hasil yang dicapai siswa sebesar 15 78% dengan kategori kurang. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia agar lebih memperhatikan siswa dalam membuat puisi. Memperhatikan kendala kendala yang dihadapi siswa sehingga dapat memperdalam pemahaman siswa. Guru hendaknya melakukan remedial jika nilai yang didapat siswa di bawah KKM. Kepada peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan penelitian lebih lanjut mengenai peningkatan kemampuan menulis puisi atau pengembangan bahan ajar menulis puisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |