Kesalahan penggunaan bahasa dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu / Layla Dian Kusumarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan bahasa dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu / Layla Dian Kusumarini

Kusumarini, Layla Dian (2015) Kesalahan penggunaan bahasa dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu / Layla Dian Kusumarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumarini Layla Dian. 2015. Kesalahan Penggunaan Bahasa dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Boyolangu. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumadi M.Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd. M.Sn. Kata kunci kesalahan penggunaan bahasa teks laporan hasil observasi Teks laporan hasil observasi adalah teks yang menggambarkan sesuatu dari hasil pengamatan yang disusun secara sistematis. Teks laporan juga disebut sebagai teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2014 4). Analisis kesalahan penggunaan bahasa merupakan kegiatan pengkajian segala aspek penyimpangan berbahasa. Analisis kesalahan penggunaan bahasa sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana bahasa diucapkan ditulis disusun dan berfungsi (Samsuri 1987 6).Berkaitan dengan hal tersebut penggunaan bahasa menjadi aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam menulis teks laporan hasil observasi.Penggunaan bahasa yang benar bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari penulisnya. Teks dengan bahasa yang kurang tepat akan sulit dipahami oleh pembacanya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan bahasa dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Boyolangu berdasarkan (1) kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca (2) kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata (3) kesalahan kalimat dan (4) kesalahan struktur paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disusun dengan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa(1) kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca (2) kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata (3) kesalahan kalimat dan (4) kesalahan paragraf. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan meminjam dokumenteks laporan hasil observasi produksi siswa dari guru bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Boyolangu.Analisis data yang dilakukan meliputi proses reduksi data penyajian data penarikan simpulan sementara dan pengecekan keabsahan tamuan. Reduksi data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi klasifikasi dan kodifikasi. Tahap identifikasi data dilakukan dengan cara menyeleksi dan memilih sumber data yang sesuai dengan kriteria teks laporan hasil observasi siswa yang dapat dijadikan sumber data. Kriteria teks laporan hasil observasi siswa yang dapat dijadikan sumber data adalah (1) terdapat identitas penulis yang jelas dan (2) tulisan mudah dibaca. Setelah tahap identifikasi data selesai dilakukan tahap selanjutnya adalah klasifikasi data. Pengklasifikasian data dilakukan berdasarkan kesalahan ejaan dan tanda baca kesalahan pilihan kata atau diksi kesalahan kalimat dan kesalahan paragraf. Tahap akhir dari reduksi data adalah kodifikasi atau pengodean. Kodifikasi dilakukan untuk mempermudah pemaparan dan penegasan simpulan akhir.Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu instrumen tambahan berupa tabel kodifikasi sumber data tabel panduan analisis dan tabel analisis. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini dilakukan melalui pengecekan dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh empat hasil penelitian.Pertama kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. Kesalahan ejaan dan tanda baca yang ditemukan yaitu (1) kesalahan penulisan huruf kapital (2) kesalahan penulisan huruf miring (3) kesalahan penggunaan tanda titik (4) kesalahan penggunaan tanda koma (5) kesalahan penggunaan tanda titik koma (6) kesalahan penggunaan tanda hubung (7) kesalahan penulisan kata depan dan (8) kesalahan penulisan angka dan bilangan. Kedua kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata. Kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata yaitu berupa kesalahan ketepatan penggunaan kata maupun istilah dan kesalahan bentukan kata yang tidak gramatikal.Ketiga kesalahan kalimat. Berdasarkan temuan penelitian ditemukan kesalahan kalimat yaitu kalimat tidak lengkap kalimat tidak hemat keslahan kalimat definisi dan kesalahan kalimat deskripsi.Keempat kesalahan struktur paragraf. Berdasarkan temuan penelitian ditemukan kesalahan struktur paragraf yaitu kesalahan paragraf aspek pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan dua saran. Pertama mengingat pentingnya penggunaan bahasa secara tepat sebagai wujud kebanggaan dan kepedulian terhadap bahasa Indonesia disarankan kepada guru bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Boyolangu untuk melatih keterampilan siswa terkait penggunaan bahasa dengan cara mengajarkan penggunaan ejaan dan tanda baca penggunaan diksi atau pilihan kata penggunaan kalimat dan paragraf yang tepat agar terjadi perbaikan pada proses belajar mengajar selanjutnya. Kedua siswa disarankan agar banyak berlatih menulis sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benarsehingga terampil menulis dengan menggunakan bahasa yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142663

Actions (login required)

View Item View Item