Pengembangan kamus bergambar kosakata Bahasa Indonesia-Jawa untuk penunjang pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar / Dhenys Helmy Mahendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kamus bergambar kosakata Bahasa Indonesia-Jawa untuk penunjang pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar / Dhenys Helmy Mahendra

Mahendra, Dhenys Helmy (2015) Pengembangan kamus bergambar kosakata Bahasa Indonesia-Jawa untuk penunjang pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar / Dhenys Helmy Mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahendra DhenysHelmy. 2015. Pengembangan KamusBergambarKosakataBahasa Indonesia-JawauntukPenunjangPembelajaranBahasaJawa di SekolahDasar. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. A. SyukurGhazali M.Pd (II) Karkono S.S. M.Hum. Kata kunci kosakata kamusbergambarkosakatabahasaJawa pembelajaranBahasaJawa SekolahDasar. Ada banyakcarauntukmelestarikankebudayaanJawa khususnyamelestarikanbahasaJawa. Salah satucara agar bahasaJawatetapdigunakanadalahdengancaramengajarkanbahasaJawa di bangkusekolah. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa pembelajaran bahasaJawa di SekolahDasar mengalami beberapa kendala. Pembelajaran bahasaJawa di sekolahmasih bersifat teoretisdanmonoton. Guru hanya memberikan teori-teori dantidakmenggunakanpenunjangapapun.MengajarbahasaJawatidaksebatasmengajarkankosakataJawa tetapiadatigahal yang harusdiperhatikandalampembelajarankosakatabahasaJawa.Ketigahaltersebut yaitu (1) penggunaanhuruf yang tidaksesuaidenganpengucapan (2) pengejaan kata yang kurangdiketahuisiswa dan (3) kurangnyapemahamanmaknadarisetiap kata banyakmembuatsiswakebingungan. Guru memerlukan penunjangpembelajaran yang dapat mengatasi kendala dan mendukung kelancaran pembelajaran bahasaJawa. Penelitian ini menghasilkan produk kamusbergambarkosakatabahasa Indonesia-JawauntukmenunjangpembelajaranbahasaJawa di SekolahDasar. Kamusbergambarkosakatabahasa Indonesia-Jawamemberikan kesempatan bagi siswa dalam memahamikosakatabahasaJawasertamemberikankesempatanuntukmenambahkosakata. Penelitian inibertujuanuntukmenghasilkankamusbergambarkosakatabahasaIndonesia-Jawa yang berisinamaanggotatubuh bagian-bagianrumah peralatantidur peralatan yang dipakaiseseorang silsilahkeluarga namahewan kata kerja jeniswarna peralatandapur dannamainstrumen gamelan yang dilengkapidengangambar yang layakdarisegibahasa tampilan dansistematikasertasesuaidengankurikulumtingkatSekolahDasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat tujuh tahap prosedur penelitian yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi hasil uji ahli dan uji praktisi (6) uji lapangan dan (7) penyempurnaan produk akhir.Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli media (kamus) (2) ahli pembelajaran bahasaJawa (3) praktisi yaitu guru bahasa Jawa dan (4) lapangan yaitu siswa kelas I SD Negeri Wonokoyo 1 Malang. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli praktisi dan siswa terhadap produk. Data verbal berupacatatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji. Hasil wawancara selanjutnya ditranskripsi agar dapat dianalisis. Pada penelitian ini angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasikan data verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Uji produk melibatkan ahli pembelajaranbahasaJawamendapatkanskor rata-rata kelayakanproduksebesar 71 3 (layak) ahli mediamendapatkanskor93 1 (sangatlayak) praktisimendapatkanskor 86 4 (sangatlayak) dan siswamendapatkanskor94 6. BerdasarkanhasilujimelibatkanahlipembelajaranbahasaJawa produktergolongcukuplayakdanperludirevisi.Berdasarkan hasil uji melibatkan ahli media pembelajaran produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan.Ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli pembelajaran bahasa Jawa ahli media dan praktisi. Uji lapangan dengan melibatkan siswa kelas I SD NegeriWonokoyo 1 Malang dimaksudkan untuk mengetahui respon siswa terhadap produkkamusbergambarIndonesia-Jawayang digunakansebagaipenunjang dalam pembelajaran bahasaJawa. Simpulan penelitian pengembangan ini adalahkamusbergambarkosakatabahasa Indonesia-Jawayang dikembangkanmenunjukkan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran bahasaJawa. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan guru disarankan untuk menggunakankamusbergambarkosakatabahasaJawasebagaipenunjangdalam pembelajaran bahasaJawa sehingga kendala-kendala dalam pembelajaran bahasaJawa dapat teratasi. Siswa disarankan untuk tidakhanyamenggunakankamusbergambarkosakatabahasa Indonesia-Jawa di dalamkelas tetapijugamenggunakannyapadasaatbelajarmandiri.Prosedur penelitian pengembangan ini dapat menjadi pedoman bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa. Pengembang lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini. Langkah tersebut dapat diterapkan pada pengembangan media lainnya.Selanjutnya penyebarluasan produk dapat melalui MGMP BahasaJawaataudenganmengunggahnyamelaluimedia internet. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142661

Actions (login required)

View Item View Item