Karakteristik teks eksplanasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Septian Adi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik teks eksplanasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Septian Adi Kurniawan

Kurniawan, Septian Adi (2015) Karakteristik teks eksplanasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Septian Adi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Septian Adi.2015.Karakteristik Teks Eksplanasi Karangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang TahunPelajaran 2014/2015.Skripsi JurusanSastraIndonesia Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Drs. DwiSaksomo M.Si. Kata kunci teks eksplanasi struktur isi ciri bahasa pola pengembangan paragraf Tekseksplanasi merupakan salahsatujenisteks barudalammatapelajaranBahasa Indonesia.Ketikamenulistekseksplanasi siswalebihmenitikberatkanpenulisanpadapokokpermasalahanatauisu-isu yang menarikuntukdibedahsehinggamampu menarik minat parapembaca.Hal tersebutdapatdigunakansebagaibahanatautolokukursejauhmanasiswadapatmenunjukkankaraktertulisannyadenganmenulistekseksplanasisesuaidenganpokokpermasalahan yang diangkat.Olehkarenaitu karangantekseksplanasidapatdikajidanditelaahdariunsur-unsurpembangun yang ditulisolehsiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga fokus penelitian. Pertama karakteristik struktur isi teks eksplanasi yang meliputi judul pernyataan umum rincian penjelas dan simpulan teks eksplanasi. Kedua ciri bahasa teks eksplanasi yang meliputi penggunaan istilah konjungsi dan peristiwa. Ketiga pola pengembangan paragraf teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Desain penelitian yang digunakan berupa studi dokumen. SMP Negeri 20 Malang dipilih sebagai lokasi penelitian karena siswakelas VII dan VIII SMP Negeri 20 Malang memilikikegiatanPokja yaitusemacambentukaplikasi program kerja yang di dalamnyajugaterdapatkegiatanmenulissecaraintensifbeberapatopikbahasan. Data penelitian ini berupa sembilan puluh teks eksplanasi karangan siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen kunci dan pelengkap. Peneliti menjadi instrumen kunci dari penelitian ini sedangkan instrumen pelengkap berupa perintah menulis teks eksplanasi dan panduan analisis yang berisi aspek serta deskriptor bagian-bagian teks eksplanasi secara rinci. Tahapan yang dilakukan meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan penyelesaian. Analisis karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII menghasilkan tiga butir kesimpulan. Pertama diawali darikarakteristik struktur isi teks eksplanasi berupa judul. Berdasarkantujuanpenulisannya judul dibedakan atas dua kategori yaitujudul yang mengutarakan (1) bagaimana lebih menekankan pada cara-cara terjadinya dan (2) mengapa lebih menekankan pada sebab atau alasansuatu proses terjadi. Berdasarkan pola strukturnya judul terdiri atas (1)kata (2)frasa (3) klausa dan (4) kalimattanya. Padabagianpernyataanumum terdapattiga karakteristik yang menggambarkanpernyataanumum yaitu (1) definisi (2) konteks dan (3) karakteristiksuatuperistiwa. Padabagian rincianpenjelasjugaterdapattiga karakteristik yaituberupa (1) kesatuanparagrafsecarautuh (2) kata tahapyang diikutipenomoran dan (3) numerik. Padabagiankesimpulantekseksplanasi yang bersifatopsional terdapatdua karakteristik yaitu (1) opini/pendapatdan (2) pengulangan proses secarasingkatdanjelas. Kedua dilihat dari ciribahasa teks eksplanasi terdapattiga kesimpulan setelah dilakukan pemaparan dan pembahasan. Kataistilahmemunculkanduakesimpulan yaitu (1) penggunaanistilahumumperlumemperhatikanpenulisanbentukbakudan (2) penggunaanistilahkhususpadatekseksplanasiperludiintensifkanuntukmenambahkredibilitasteks. Padapenggunaankonjungsimemunculkanempatkesimpulan yaitu (1) penulisankonjungsikoordinatifperlumemperhatikanletakdanfungsipenulisannya (2) penulisankonjungsisubordinatif khususnyapadapenggunaankonjungsi yang menyatakanhubungansebabtidakperluberlebihan cukupuntukmenerangkananakkalimatdanindukkalimat (3) penulisankonjungsikorelatifperlumendapatperhatianlebihuntukmenambahkekayaandankebervariasianpenggunaankonjungsi dan (4) penulisankonjungsiantarkalimat. Penjelasantentangperistiwa yang diinformasikanmemunculkanempat kesimpulan yaitu (1) peristiwafenomenaalammenjadipilihanutamasiswadalammenulistekseksplanasi (2) peristiwa yang berhubungandenganhewanmasihrelatifbanyakdikembangkan (3) peristiwa yang berhubungandenganmanusiajugarelatifbanyak serta (4) peristiwa yang berhubungandengantumbuhankurangdiminatiolehsiswa. Ketiga dilihat dari pola pengembangan paragrafteks eksplanasi terdapat tiga jenis pola yang dapat ditarik sebagai kesimpulan. Polapengembanganparagraftersebut mengacu pada rincianpenjelas yang digunakanolehsiswadalammenulistekseksplanasi. Pola pengembangan paragraf yang digunakan oleh siswa meliputi (1) polapengembangansebab-akibat (2) proses dan (3) contoh. Kesimpulan akhir penelitian ini menghasilkan tiga saran. Bagi guru Bahasa Indonesia perluadanyainovasidanstimulasiuntukmelahirkankreativitas-kreativitasbarupadatulisansiswa khususnyapadakegiatanmenulistekseksplanasi. Selain itu perluadanyapembenahanpadapenggunaanistilahdankonjungsi agar sesuaidengankaidahpenulisanbahasa Indonesia yang baikdanbenar. Bagi penulis buku teks perluadanyapenguatanmateri-materibarupadatekseksplanasidenganberbagaimacamtopikbahasan yang lebihaktual informatif menarik dandekatdenganlingkungansiswa.Bagi peneliti yang lain diharapkandapatmelakukanpenelitianlebihlanjutmengenaitekseksplanasidenganrumusanmasalah yang lebihkompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142658

Actions (login required)

View Item View Item