Anggraini, Novia (2016) Analisis keragaman diksi teks pantun berdasarkan ruang persepsi manusia model Haley / Novia Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggraini Novia. 2015. Analisis Keragaman Diksi Teks Pantun Berdasarkan Ruang Persepsi Manusia Model Haley. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M. Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari M. Si. Kata kunci diksi teks pantun ruang persepsi manusia Pantun adalah salah satu bentuk puisi lama asli Indonesia. Pada kurikulum 2013 pembelajaran teks pantun diajarkan di kelas XI SMA. Pantun yang dihasilkan oleh siswa kelas XI SMA akan mencerminkan tingkat imajinasi siswa yang tertuang melalui diksi yang digunakan. Diksi (pilihan kata) merupakan salah satu unsur penting dalam penciptaan suatu pantun. Dikatakan penting karena kata-kata yang dipilih haruslah dapat mewakili substansi atau maksud yang hendak disampaikan. Ruang persepsi manusia yang mempengaruhi daya cipta siswa terhadap pemilihan diksi akan dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan terjauh dan berlangsung secara hierarkhis. Hierarkhi ruang persepsi manusia berdasarkan model Haley dibagi menjadi sembilan bagian yaitu (1) kategori human (2) kategori animate (3) kategori living (4) kategori object (5) kategori terrestrial (6) kategori substance (7) kategori energy (8) kategori cosmos dan (9) kategori being. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keragaman diksi dalam teks pantun karya siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2014/2015yang didasarkan pada teori ruang persepsi manusia model Haley.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis analisis dokumen. Data dalam penelitian ini ialah data verbal yang berupa diksi teks pantun yang dihasilkan oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik yang digunakan pada penelitian ini ialah pengumpulan dokumen teks pantun yang telah ditulis siswa pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan dokumen teks pantun ini dibantu oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Malang. Langkah-langkah pengumpulan data yaitu (1) memberi tugas kepada siswa untuk mengumpulkan kembali teks pantun yang telah ditulis pada semester gasal dan (2) mengumpulkan semua teks pantun dari siswa kelas XI IPA XI IPS dan XI Bahasa. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas (1) tahap reduksi (2) tahap penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan ketekunan analisis data. Hasil analisis dibaca berulang-ulang oleh peneliti sebanyak tiga kali untuk menjamin validitas isi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kategori keragaman diksi dalam teks pantun karya siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang menurut teori ruang persepsi manusia model Haley menunjukkan urutan kategori sebagai berikut (1) human (2) living (3) animate (4) terrestrial (5) being (6) cosmos (7) object (8) energy dan (9) substance. Kategori human (311 data) meliputi subkategori jasad manusia aktivitas badaniah manusia aktivitas intelektual manusia dan sifat-sifat manusia dengan subkategori terbanyak aktivitas badaniah manusia. Kategori urutan kedua ketiga dan keempat yang paling banyak digunakan siswa yaitu kategori living animate dan terrestrial. Kategori living (29 data) meliputi subkategori tanaman hias tanaman keras tanaman konsumtif dan tanaman liar dengan subkategori terbanyak tanaman konsumtif. Kategori animate (23 data) meliputi subkategori binatang bersayap binatang melata binatang air dan binatang berkaki empat dengan subkategori terbanyak binatang berkaki empat. Kategori terrestrial (20 data) meliputi subkategori litosfer hidrosfer dan biosfer dengan subkategori terbanyak biosfer. Kategori kelima keenam ketujuh kedelapan dan kesembilan ditempati oleh kategori being cosmos object energy dan substance. Kategori being sebanyak 18 data kategori cosmos sebanyak 13 data kategori object sebanyak 8 data kategori energy sebanyak 5 data kategori substance sebanyak 3 data. Berdasarkan temuan penelitian dapat diberikan saran kepada (1) tenaga pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan (2) peneliti lain. Pertama bagi tenaga pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan untuk menciptakan strategi pembelajaran yang bisa mengarahkan siswa agar lebih mampu mengeksplor dan memperkaya perbendaharan kosakata ketika menulis teks pantun. Tenaga pendidik diharapkan bisa mengarahkan siswa untuk menggunakan kosakata mata pelajaran lain seperti kosakata di bidang Fisika Biologi Geografi Ekonomi dan sebagainya agar diksi yang digunakan pada teks pantun siswa lebih kaya dan beragam.Kedua dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat kesenjangan yang cukup signifikan terhadap penggunaan diksi antara kategori yang satu dengan kategori yang lain. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian eksperimentasi atau penelitian pengembangan media dan strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kesembilan kategori diksi ruang persepsi manusia model Haley.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142625 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |