Karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso tahun pelajaran 2014/2015 / Tutut Indrasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso tahun pelajaran 2014/2015 / Tutut Indrasari

Indrasari, Tutut (2016) Karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso tahun pelajaran 2014/2015 / Tutut Indrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrasari Tutut.2015.Karakteristik Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1KarangplosoTahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan SastraIndonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd. M.Pd. Kata kunci teks eksplanasi struktur isi dan ciri kebahasaan pembelajaran menulis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangploso tahun 2014/2015 dilihat dari penulisan struktur isi dan ciri kebahasaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangploso. Instrumen pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini berupa instruksi tugas menulis teks eksplanasi dan lembar kerja siswa.Teks eksplanasi karangan siswa dianalisis menggunakan tabel analisis data. Hasil penelitian ini terdiri atas dua hal yaitu deskripsi karakteristik struktur isi dan ciri kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas VII yangdijabarkan sebagai berikut. Siswa kelas VII memiliki tiga deskripsi karakteristik struktur isi teks eksplanasi. Pertama siswa kelas VII menuliskan pernyataan umum teks eksplanasinya dengan diawali definisi penunjuk topik dan pertanyaan. Karakteristik pernyataan umum yang paling banyak digunakan oleh siswa yaitu diawali dengan definisi. Kedua deretan penjelasan teks eksplanasi siswa kelas VII berupa uraian tahapan/proses sebab-akibat dan klasifikasi. Karakteristik deretan penjelasan yang paling banyak ditemukan dalam teks eksplanasi siswa berupa uraian tahapan/proses. Ketiga siswa kelas VII menuliskan interpretasi teks eksplanasinya dengan tiga cara yaitu menggunakan kata penutup (simpulan) mengulang informasi penting dan berupa opini.Karakteristik interpretasi teks eksplanasi siswa yang paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan kata penutup (simpulan). Karakteristik ciri kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas VII ada dua.Pertama sebagian besar siswa kelas VII menuliskan ciri kebahasaan teks eksplanasi dengan lengkap yaitu memuat bahasa teknis serta menggunakan kata hubung sebab-akibat dan penunjuk waktu. Kedua siswa kelas VII menuliskan ciri kebahasaan teks eksplanasinya dengan tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran mengenai teks eksplanasi dengan memperkaya pengetahuan atau wawasan siswa mengenai macam-macam teks eksplanasi dan melakukan sebuah inovasi terhadap kegiatan belajar siswa di kelas khususnya pada kegiatan pembelajaran menulis teks agar siswa lebih aktif dan kreatif. Bagi siswa diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya dalam menulis teks eksplanasi dengan cara belajar dan berlatih menulis teks eksplanasi dari kegiatan pengamatan terhadap suatu peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar. Bagi peneliti lain disarankan dapat mengembangkan suatu produk baik itu media pembelajaran atau bahan ajar untuk menyusun teks eksplanasi sehingga keterampilan menyusun teks eksplanasi pada jenjang sekolah menengah pertama menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142607

Actions (login required)

View Item View Item