Nadelia, Nency (2016) Pengembangan media pembelajaran memahami teks negoisiasi menggunakan program adobe flash untuk siswa SMK kelas X / Nency Nadelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nadelia Nency. 2015. PengembanganMedia Pembelajaran Memahami Teks Negosiasi Menggunakan Program Adobe Flash untuk Siswa SMK Kelas X.Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastraUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. YuniPratiwi M.Pd (2) Indra Suherjanto S.Pd. M.Sn. Kata kunci media pembelajaran teks negosiasi adobe flash. Mengoptimalkan media pembelajaranmerupakansalahsatulangkah yang harusditempuholehseorangpendidik agar setiappembelajaransiswamenjadiaktif kreatif efektif danmenyenangkan.Media pembelajaranmerupakansalahsatukomponenpentingdalamsistempembelajaran.Denganmemanfaatkan media siswadapatbelajarsecaramandiri.Unsurgambar (visual) danunsursuara (audio) yang disusunsecaramenarikdanmudahdipahamiakanmembuatpengguna media tertarikuntukmemerolehinformasi yang ada di dalamnya. Agar dapatmendukungterciptanyasebuah media pembelajaranteksnegosiasi aplikasi yang digunakanyaituAdobe Flash yang dikemasdalam CD (Compact Disk) sebagai media pembelajaranmemahamiteksnegosiasi. Tujuanumumpenelitianpengembanganiniyaitumengembangkan media pembelajaranmemahamiteksnegosiasisiswa SMK kelas X semester genap. Adapun tujuan khusus adalah (1) Dihasilkannya media pembelajaranteksnegosiasimenggunakanadobe flash untuksiswa SMK (2) Dihasilkannyapetunjukpenggunaan media pembelajaranteksnegosiasimenggunakanadobe flash untuksiswa SMK dan (3) Mengetahuitingkatkelayakan media pembelajaranteksnegosiasimenggunakanadobe flash untuksiswa SMK. Model penelitianpengembanganinimenggunakan model proseduralBorg and Gall yang kemudiandisesuaikandengankebutuhandankondisipenelitian. Dari sepuluhtahapan yang ada penelitimelakukantujuhtahapan yakni (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembanganproduk (4) ujivalidasidanpraktisi (5) revisiproduk (6) ujicobalapangan dan (7) revisiprodukakhir. Jenis data yang diperolehdalampenelitianpengembanganiniadalah data kuantitatifdankualitatif.Data kuantitatifberupaskor rata-rata darihasilanalisisangket yang diberikankepadaahli media ahlimateri praktisi dansiswa.Data kualitatifadalah data berupa data verbal tertulis yang diperolehdarikomentardan saran yang dituliskanpadalembarangket yang diberikankepadaahli media ahlimateri praktisi dansiswa.Adapun data yang tidaktertulisberupainformasilisanpadasaatwawancaramaupundiskusi. Hasilujivalidasi terhadap ahlimateri pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkanproduktergolongsangatlayakdansiapdiimplementasikan (89 58%). Hasilujiahlimediamenunjukkanproduktergolonglayakdansiapuntukdiimplementasikan (82%).Hasilujipraktisimenunjukkanproduktergolongsangatlayakdansiapuntukdiimplementasikan (95 4%) danhasilujilapanganmenunjukkanproduktergolongsangatlayakdansiapuntukdiimplementasikan (88 59%). Berdasarkankomentardan saran perbaikandariahlidanpraktisi adabeberapaaspek yang perludiperbaiki yakni (1) penyajian contoh teks negosiasi (2) petunjukpenggunaanmedia pembelajaran (3) tampilan media (design) dan (4) penggunaan bahasa. Penyajian contoh teks lebih baik disajikan secara sederhana. Petunjukpenggunaanmedia pembelajaranperlu ditampilkan.Tampilan media perlu diubah menjadi flat design dan perlu memperhatikan komposisi warna. Penggunaan bahasa harus komunikatif agar siswa mudah memahaminya. Produk yang sudahdikembangkandandiperbaikimemilikikarakteristiksebagaiberikut.Isi media pembelajaran meliputi (1) teori (2) contoh dan (3) latihan memahami teks negosiasi. Penggunaanbahasamedia pembelajaranmeliputi (1) kekomunikatifanaspekpetunjukpenggunaanmediadan (2) kesederhanaankalimat.Tampilan media pembelajaranmeliputi (1) flat design yang menarik (2) komposisi warna dan (3) animasi dan backsound yang mendukung media pembelajaran. Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahmedia pembelajaran memahami teks negosiasi menggunakan adobe flashmenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdansiapdiimplementasikandalampembelajaranmemahami teks negosiasi. Langkahpemanfaatanprodukhasilpengembangan guru disarankanuntuk Media pembelajaraninidapatdijadikansalahsatualternatifsumberbelajaruntukmengajarkankompetensimemahamiteksnegosiasikepadasiswa.Tujuannya untukmembantusiswapadatahappemahamanmaterikhususnyateksnegosiasi. Penelitilaindisarankanuntukdapatmenjadikan rujukanatausebagaisumber data untukpenelitianselanjutnya yang relevan baikdarisegijenispenelitian subjekpenelitian maupunbahanpenelitian. Penyebarluasanprodukharusmemertimbangkanefektivitasdanefisiensi.Olehkarenaitu agar penyebarluasanprodukmemenuhikriteriaefektifdanefisien makaprodukdapatdiunggahdalamblog atauweb denganmemanfaatkan media internet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |