Asesmen pada pembelajaran teks ulasan kurikulum 2013 kelas VIII SMP Negeri 21 Malang (studi pada sekolah yang mengimplementasikan K-13) / Ade Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Asesmen pada pembelajaran teks ulasan kurikulum 2013 kelas VIII SMP Negeri 21 Malang (studi pada sekolah yang mengimplementasikan K-13) / Ade Setiawan

Setiawan, Ade (2016) Asesmen pada pembelajaran teks ulasan kurikulum 2013 kelas VIII SMP Negeri 21 Malang (studi pada sekolah yang mengimplementasikan K-13) / Ade Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Ade. 2015. Asesmen pada Pembelaran Teks Ulasan Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang (Studi pada Sekolah yang Mengimplementasikan K-13). Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci asesmen teks ulasan kurikulum 2013 Asesmen dalam pembelajaran merupakan bagian yang penting. Asesmen tidak hanya dilakukan pada akhir pembelajaran semata akan tetapi kegiatan asesmen dilakukan dari awal hingga akhir pembelajaran. Guru melakukan kegiatan asesmen untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai ataukah belum. Asesmen juga digunakan untuk memperbaiki pembelajran yang akan berlangsung selanjutnya. Asesmen pada Kurikulum 2013 mencakup tiga ranah yaitu ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Berbagai ranah yaitu ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Asesmen akan terlihat berhasil apabila teknik dan bentuk asesmen yang digunakan untuk menilai suatu individu memenuhi persyaratan yang baik dan pendidik akan lebih cepat mengetahui kelemahan siswa dalam pembelajan. Oleh sebab itu kemampuan untuk melakukan asesmen merupakan kemampuan yang menjadi salah satu syarat yang harus dikuasai oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan asesmen pada pembelajaran teks ulasan Kurikulum 2013 dalam aspek (1) rancangan asesmen ranah sikap pengetahuan dan keterampilan (2) pelaksanaan asesmen ranah sikap pengetahuan dan keterampilan dan (3) pendokumentasian asesmen ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian ini dapatdijadikan referensi penggunaan asesmen yang sesuai dengan kurikulum 2013. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa digunakan untuk mengembangkan instrumen asesmen dari perencanaan pelaksanaan pendokumentasian dan pelaporan asesmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Data penelitian berupa paparan rancangan pelaksanaan dan pendokumentasian asesmen ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi serta telaah dokumen RPP. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara semiterstruktur pedoman telaah dokumen pedoman observasi dan peneliti sebagai instrumen kunci.Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan pedoman analisis.Selanjutnya data-data tersebut ditriangulasikan dengan teori-teori yang relevan dan berkesinambungan dengan data.Langkah selanjutnya adalah menarik kesimpulan dari temuan-temuan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan asesmen ranah sikap pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknik dan bentuk asesmen yang beragam. Pada rancangan asesmen ranah sikap guru menggunakan teknik observasi dan penilaian diri dengan bentuk lembar observasi dan lembar penilaian diri guru menggunakan lembar observasi dengan skala rentang selalu sering kadang-kadang dan tidak pernah pada RPP 1 dan RPP 2 pada RPP 3 guru menggunakan skala rentang yang berbeda. Masing-masing instrumen yang digunakan oleh guru menggunakan rentang skor 1 4. Pada rancangan asesemen ranah pengetahuan guru menggunakan teknik tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian pada masing-masing RPP. Pada RPP 1 guru menggunakan dua aspek pengamatan yaitu struktur isi dan ciri bahasa pada aspek pengamatan yang pertama menggunakan rentang skor 1 8 dan aspek yang kedua menggunakan rentang skor 1 5.Pada asesmen ranah keterampilan guru menggunakan teknik praktik proyek portofolio dan tes tertulis dengan bentuk uji petik kerja dan rubrik penilaian. Pada RPP 1 guru menggunakan uji petik kerja untuk mengetahui kemampuan siswa uji petik kerja yang terdapat pada RPP 1 menggunakan dua aspek pengamatan yaitu aspek isi teks dan aspek struktur. Pada RPP 2 guru menggunakan tes uraian tes uraian yang tedapat pada RPP 2 menggunakan tiga aspek pengamatan yaitu aspek struktur aspek isi dan aspek ciri bahasa. Pada RPP 3 guru menggunakan tes uraian dengan dua aspek penilaian. Pelaksanaan asesmen ranah sikap dilakukan oleh guru tanpa menggunakan instrumen yang terdapat pada RPP akan tetapi guru menggunakan catatan kecil untuk mencatat nama siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran. Pelaksanaan asesmen ranah pengetahuan berbeda dengan rancangan asesmen yang terdapat pada RPP. Guru menggunakan teknik tes tertulis pada RPP 1 akan tetapi dengan bentuk uraian pada RPP 2 dan RPP 3 guru tidak menggunakan teknik tertulis dengan bentuk uraian guru menggunakan teknik penugasan dengan betuk tugas kelompok dan individu. Pelaksanaan asesmen ranah keterampilan pada proses pembelajaran terlihat selaras dengan RPP. Guru menggunakan teknik praktik dengan bentuk uji petik kerja pada RPP 1. Pada RPP 2 guru menggunakan teknik praktik proyek dan portofolio dengan bentuk rubrik penilaian dan guru menggunakan teknik tes tertulis dengan bentuk rubrik penilaian untuk KD menelaah dan merevisi. Pendokumentasian asesmen dilakukan guru pada KD 4.2 yaitu menyusun teks ulasan dengan cara mendokumentasikan kumpulan tugas siswa selain itu guru melakukan pendokumetasian asesmen dalam buku nilai. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan guru dalam melaksanakan asesmen ranah pengetahuan tidak dilakukan secara terstruktur. Guru tidak menggunakan teknik dan bentuk asesmen yang terdapat pada RPP. Selain simpulan tersebut saran yang dapat diberikan kepada guru kelas VIII adalah selalu memperbarui informasi mengenai kegiatan asesmen pembelajaran pada Kurikulum 2013 agar lebih terlatih dalam menyusun dan melaksanakan kegiatan asesmen yang sesuai dengan standar Kurikulum 2013. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142603

Actions (login required)

View Item View Item