Perancangan media pembelajaran mengenal makhluk hidup bagi anak autis usia 7-8 tahun sebagai media pendamping dalam mengajar untuk guru dan orang tua / Nuril Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media pembelajaran mengenal makhluk hidup bagi anak autis usia 7-8 tahun sebagai media pendamping dalam mengajar untuk guru dan orang tua / Nuril Kusuma Wardani

Wardani, Nuril Kusuma (2014) Perancangan media pembelajaran mengenal makhluk hidup bagi anak autis usia 7-8 tahun sebagai media pendamping dalam mengajar untuk guru dan orang tua / Nuril Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Nuril Kusuma. 2014. Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Makhluk Hidup bagi Anak Autis Usia 7 8 Tahun sebagai Media Pendamping dalam Mengajar untuk Guru dan Orangtua Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) H. J. Hendrawan S.Sn M.Ds Kata kunci Perancangan Media Pembelajaran Makhluk Hidup Anak Autis 12288 12288 12288 12288 Pendidikan sangatlah penting bagi setiap individu termasuk anak autis. Anak autis mengalami hambatan dalam perkembangannya dikarenakan dysfunction dari sistem penerimaan atau sistem respon dalam syaraf otaknya sehingga mereka sulit untuk mencerna dan memahami sesuatu. Saat ini tidak banyak media pembelajaran yang dapat memfasilitasi guru dan orang tua untuk mengajar anak autis. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan dan media pembelajaran yang memadai untuk anak autis. Pengenalan makhluk hidup di lingkungan sekitar sebagai dasar pelajaran yang harus diberikan saat usia dini untuk membantu seseorang dalam berinteraksi dan adaptasi nampaknya masih belum dapat diterapkan oleh anak autis dengan dikarenakan kurangnya pengajaran dan medianya. Maka dari itu Perancangan media Pembelajaran mengenai makhluk hidup diharapkan mampu membantu guru dan orang tua dalam mengajar anak untuk mengenal makhluk hidup 12288 12288 12288 12288 Metode perancangan ini diawali dari penulisan latar belakang dilanjutkan dengan pengumpulan data terdiri dari observasi dan studi pustaka atau dokumentasi. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode model Michael J. Franceyang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari perancangan ini adalah media pembelajaran yang merupakan media pendamping dalam kegiatan mengajar anak autis dengan usia mental 7-8 tahun. Dalam perancangan ini yang disajikan adalah pengenalan tentang makhluk hidup diantaranya mengenal anggota tubuh sayur buah dan hewan dengan isi berupa vocabulary cerita berurut dan puzzle yang membantu anak untuk mengenal makhluk hidup di lingkungan sekitar mereka. Strategi perancangan dan konsep yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan strategi metode belajar anak dengan visual atau gambar yang di sebut PECS. 12288 12288 12288 12288 Media ini memiliki kelebihan seperti mudah dibawa dan aman untuk anak serta mudah digunakan oleh guru dan orang tua karena dilengkapi dengan penjelasan singkat selain itu media ini juga membuat anak lebih mudah mengenal makhluk hidup disekitarnya melalui ilustrasi yang ada dalam buku. Namun media ini juga memiliki kekurangan seperti tidak dapat digunakan dalam kelas besar karena media ini diperuntukkan untuk kelas kecil atau bahkan individu juga dalam perancangan ini memiliki teknis yang cukup sulit dalam pembuatannya. Diharapkan dengan Media Pembelajaran ini dapat membantu anak autis dalam mengenal lingkungan dan juga dapat membantu anak autis dalam berinteraksi dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item