Pola kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Walailak University Thailand tahun 2014/2015 / Berlian Pancarrani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Walailak University Thailand tahun 2014/2015 / Berlian Pancarrani

Pancarrani, Berlian (2016) Pola kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Walailak University Thailand tahun 2014/2015 / Berlian Pancarrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pancarrani Berlian. 2016. Pola Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Jurusan ASEAN Studies Walailak University Thailand Tahun 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci pola kalimat kalimat bahasa Indonesia karangan Pola kalimat mahasiswa Jurusan ASEAN Studies memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh penutur asli bahasa Indonesia. Ciri khas tersebut muncul dalam pola kalimat yang dihasilkan mahasiswa Jurusan ASEAN Studies dalam komunikasi lisan yang disebabkan keterbatasan penguasaan mereka terhadap bahasa Indonesia. Untuk itulah dalam penelitian ini dipilih masalah pola kalimat bahasa Indonesia dalam karangan mahasiswa Jurusan ASEAN Studies karena pola kalimat merupakan hal yang mendasar dalam kegiatan menulis atau mengarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pola kalimat berdasarkan kelengkapan unsurnya pola kalimat berdasarkan urutan unsur kalimat pola kalimat berdasarkan jumlah klausanya dan pola kalimat berdasarkan maksud penulisnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah karangan mahasiswa Jurusan ASEAN Studies Walailak University Thailand tahun 2014/2015 yang ditulis selama proses ujian akhir semester di kelas. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara (1) membaca data berupa pola kalimat secara berulang-ulang (2) meneliti pola-pola kalimat sesuai dengan fokus penelitian (3) memberikan kode pada setiap data. Data berupa kalimat bahasa Indonesia yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan simpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan membaca secara cermat karangan untuk menemukan data yang sesuai menginformasikan data kepada teman dan berdiskusi membandingkan data satu dan lainnya Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pola kalimat berdasarkan kelengkapan unsurnya mahasiswa sebagian besar menulis dalam kalimat lengkap (r 84%) dan menulis sebagian kecil dalam kalimat tidak lengkap (r 16%). Kedua pola kalimat berdasarkan urutan unsur kalimatnya mahasiswa sebagian besar menulis dalam kalimat susun tertib (r 71%) dan sebagian kecil menulis dalam kalimat susun balik (r 13%). Ketiga pola kalimat berdasarkan jumlah klausanya mahasiswa menulis (1) lebih dari separo dalam kalimat sederhana (r 59%) (2) kurang dari separo dalam kalimat luas setara (r 15%) (3) kurang dari separo dalam kalimat luas tidak setara (r 18%) dan (4) sebagian kecil dalam kalimat luas campuran (r 5%). Keempat pola kalimat berdasarkan maksud penulisnya mahasiswa sebagian besar menulis dalam kalimat deklaratif (r 99%) sebagian kecil menulis dalam kalimat imperatif (r 0 3%) dan sebagian kecil menulis dalam kalimat interogatif (r 1%). Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Jurusan ASEAN Studies Walailak University Thailand tahun 2014/2015 memiliki kemampuan menulis pada level madya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan ASEAN Studies Walailak University Thailahnd tahun 2014/2015 menulis dengan pola kalimat yang beragam namun masih ada yang salah. Untuk itu penulis memberikan beberapa saran kepada pembaca pendidik bahasa Indonesia dan peneliti lain. Pertama bagi pembaca hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu di bidang kebahasaan dan sebagai bahan penelitian tentang pola kalimat. Kedua bagi pendidik bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan sumber belajar khususnya yang berkaitan dengan pengajaran menulis karangan. Ketiga bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian sejenis. Prosedur penelitian deskripsi ini juga dapat dijadikan pedoman oleh peneliti lain dalam melakukan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142599

Actions (login required)

View Item View Item