Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media film dokumenter pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro / Verwati Iriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media film dokumenter pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro / Verwati Iriani

Iriani, Verwati (2016) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui media film dokumenter pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro / Verwati Iriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iriani Verwati. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Film Dokumenter pada Siswa Kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci menulis puisi media film dokumenter Kemampuan menulis merupakan satu di antara empat keterampilan berbahasa yang digunakan untuk media komunikasi. Srategi pembelajaran menjadi hal penting dalam menunjang kegiatan belajar. Strategi dapat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar. Siswa akan memiliki motivasi dan meningkatkan respon siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alat yang digunakan dalam meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran menulis puisi adalah media film dokumenter. Film dokumenter dapat menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menulis khususnya menulis puisi. Film dokumenter yang digunakan adalah film dokumenter berjenis film pengetahuan. Penggunaan media film dokumenter tersebut dapat memberikan pengetahuan serta sebagai media dalam menunjang pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil menulis puisi melalui media film dokumenter pada siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIi SMP Negeri 1 Kanigoro yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data proses pembelajaran dan aktivitas siswa dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dianalisis dengan mengumpulkan hasil menulis puisi mengoreksi dan mengolah skor hasil menulis puisi. Pada penelitian ini media film dokumenter digunakan untuk menumbuhkan motivasi serta ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dan mengajarkan siswa untuk lebih kreatif dalam mengekspresikan ide dalam bentuk puisi. Penggunaan media film dokumenter pengetahuan dapat memberikan pengetahuan bagi siswa dan dapat mengolah pengetahuan tersebut menjadi sebuah puisi dengan menemukan kata kunci atau kalimat utama sesuai tema dari tayangan film dokumenter. Berdasarkan hasil observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi penggunaan media film dokumenter mampu meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi dan meningkatkan respon siswa. Peningkatan respon siswa ini ditandai dengan meningkatnya respon siswa selama proses pembelajaran siswa aktif dalam kegiatan tanya jawab berani mengungkapkan kendala selama kegiatan belajar sadar akan tanggung jawab tugas yang diberikan dan kerja sama saat penugasan kelompok. Hasil penilaian aktivitas siswa yakni pada siklus I adalah 70% dengan predikat cukup meningkat menjadi 83% dengan predikat baik. Penilaian proses siswa juga mengalami peningakatan yaitu pada siklus I adalah 75% dengan predikat baik meningkat menajadi 78% dengan predikat baik. Peningkatan penilaian proses mengacu pada proses kreatif menulis puisi yaitu (1) pemunculan ide (2) pengembangan ide (3) pelahiran ide serta (4) penyempurnaan ide. Penilaian hasil siswa berdasarkan pemenuhan 5 unsur puisi dalam hasil tulisan siswa yaitu (1) pemilihan kata (2) penggunaan gaya bahasa (3) pengimajian (4) penentuan judul sesuai dengan tema film dokumenter dan (5) penggunaan rima. Penilaian hasil menulis puisi siswa meningkat dibanding prasiklus. Pada siklus I siswa telah berhasil mendaftar kata dari tayangan film dokumenter hanya saja hasil puisi siswa hanya penjabaran kata yang telah ditemukan. Siswa belum menggunakan gaya bahasa serta penggambaran objek pada puisi. Pemilihan judul sudah baik tetapi belum kreatif yang dapat menarik pembaca. Pada siklus II siswa sudah mampu menuliskan puisinya dengan pemilihan satu kata yang menggambarkan film dokumenter kata dideskripsikan dan mengembangkannya menjadi sebuah puisi yang bermakna. Peningkatan hasil nilai siswa juga dipengaruhi oleh sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian penggunaan media film dokumenter dalam meningkatkan hasil menulis puisi siswa serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan telah mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142596

Actions (login required)

View Item View Item