Sari, Riski Yulia Regita (2016) Pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berstrategi pemodelan untuk siswa SMA kelas X / Riski Yulia Regita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Riski Yulia Regita. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Berstrategi Pemodelan untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd. (II) Indra Suherjanto S.Pd. M.Sn. Kata kunci bahan ajar menulis eksposisi strategi pemodelan. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa pembelajaran menulis teks eksposisi di sekolah mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut adalah keterbatasan sumber dan materi belajar mengenai teks eksposisi yang digunakan guru karena sistem kurikulum yang baru diterapkan akibatnya guru kesulitan dalam mengembangkan materi menulis teks eksposisi. Selain itu siswa menganggap pelajaran menulis sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Kendala utama yang dihadapi siswa adalah dalam tahap menemukan dan mengembangkan ide untuk dijadikan karangan utuh. Hal tersebut disebabkan sumber belajar yang terbatas. Guru memerlukan bahan ajar yang dapat mengatasi kendala dan dapat mendukung kelancaran pembelajaran menulis teks eksposisi. Dengan adanya bahan ajar menulis teks eksposisi pembelajaran di dalam kelas diharapkan akan menjadi lebih terarah dan terstruktur. Bahan ajar memiliki beberapa fungsi yaitu untuk (1) mencapai kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran (2) meningkatkan hasil belajar siswa dan (3) membantu guru dalam mengelola kelas. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar menulis teks eksposisi dengan menggunakan strategi pemodelan. Strategi pemodelan dipilih karena strategi ini dapat merangsang siswa agar mudah menemukan ide untuk kemudian dikembangkan menjadi karangan utuh. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar dengan isi yang relevan dengan kurikulum (2) menghasilkan bahan ajar dengan penggunaan bahasa yang baku dan komunikatif (3) menghasilkan bahan ajar dengan sistematika penyajian yang menarik dan (4) menghasilkan bahan ajar dengan tampilan yang menarik dan memiliki fisibilitas dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi produk awal (6) uji lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli penyusunan bahan ajar (2) ahli pembelajaran menulis teks eksposisi (3) ahli desain bahan ajar (4) praktisi yaitu guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan (5) lapangan yaitu siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Blitar. Jenis data dalam penelitian pengembangan ada dua yaitu data awal dan data uji produk. Data awal berupa data verbal yang diperoleh dari proses wawancara dan angket terbuka oleh siswa. Sementara data uji produk berupa data verbal dan data numerik. Data verbal berupa catatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskan oleh subjek uji pada lembar penilaian yang telah disediakan peneliti dan juga masukan-masukan secara lisan dari ahli maupun praktisi terkait pengembangan produk bahan ajar menulis teks eksposisi. Data numerik diperoleh dari hasil penilaian subjek uji terhadap produk yaitu berupa skor-skor yang terdapat pada angket penilaian terkait kelayakan produk bahan ajar menulis teks eksposisi. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara bebas. Analisis data dilakukan dengan dua teknik yaitu teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik analisis data secara kualitatif dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal lisan (3) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasikan data verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Sementara teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari angket penilaian produk bahan ajar menulis teks eksposisi. Pengolahan data angket yang diperoleh dari penyebaran angket ahli angket guru dan angket siswa yang sudah divalidasi dianalisis dengan menggunakan rumus statistik sederhana. Uji produk melibatkan ahli penyusunan bahan ajar menghasilkan rata-rata kelayakan produk mencapai persentase 88 33% ahli pembelajaran menulis teks eksposisi mencapai persentase 85% ahli desain bahan ajar mencapai persentase 93 39% praktisi mencapai persentase 81 6% dan siswa mencapai persentase 83 6%. Berdasarkan hasil uji tersebut diketahui bahwa produk bahan ajar menulis teks eksposisi sudah sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Uji lapangan dengan melibatkan siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Blitar dimaksudkan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar menulis teks eksposisi yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Simpulan dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis teks eksposisi yang dikembangkan dengan menggunakan strategi pemodelan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Sebagai langkah pemanfaatan produk guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi ini untuk dijadikan salah satu alternatif sumber belajar dalam kompetensi menulis teks eksposisi. Siswa disarankan untuk menggunakan bahan ajar menulis teks eksposisi sebagai sumber belajar yang memudahkan siswa untuk mendapatkan informasi prosedural dalam kompetensi menulis teks eksposisi. Penelitian pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi ini dapat dijadikan rujukan atau sebagai sumber data untuk penelitian selanjutnya yang relevan baik dari segi jenis penelitian subjek penelitian maupun bahan penelitian. Penyebarluasan produk harus memertimbangkan keefektifan dan keefisiensian. Oleh karena itu agar penyebarluasan produk memenuhi kriteria efektif dan efisien maka produk dapat diunggah dalam blog atau web dengan memanfaatkan media internet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142593 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |