Permata, Deva Ega (2016) Pola argumentasi dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang / Deva Ega Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permata Deva Ega. 2016. Pola Argumentasi dalam Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Malang. Skiripsi Program Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata Kunci klaim bukti kesimpulan pola argumentasi teks eksposisi Argumentasi dalam teks eksposisi terdiri atas klaim bukti dan kesimpulan. Ketiga aspek pokok tersebut merupakan pembentuk pola argumentasi dalam teks eksposisi karya siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe dan pola argumentasi dalam teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang berdasarkan teori Toulmin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif untuk meneliti teks eksposisi. Teks eksposisi diperoleh dari tes menulis yang dilakukan peneliti menggunakan LKS. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sedangkan instrumen pendukung yang digunakan adalah LKS tes tulis pedoman kriteria kelayakan data dan pedoman analisis serta kodifikasi data. Data penelitian ini berupa deskripsi tipe klaim bukti kesimpulan dan pola argumentasi dalam teks eksposisi karya siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap meliputi reduksi data penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi data. Pertama reduksi data dilakukan dengan menyeleksi data berdasarkan pedoman kelayakan data dan mengelompokkan data berdasarkan pedoman kodifikasi data. Kedua penyajian data dilakukan menggunakan tabel penyajian data berisi analisis singkat berdasarkan rumusan masalah. Ketiga kesimpulan dan verifikasi data berupa penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis data kemudian melakukan verifikasi terhadap hasil analisis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan sebagai berikut. Pertama sebagian besar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang menggunakan klaim berupa anjuran kepada pembaca. Kedua tipe bukti yang paling banyak digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang adalah bukti berupa kutipan pendapat ahli. Ketiga tipe kesimpulan yang paling banyak digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang berupa kesimpulan yang menghubungkan bukti dan klaim secara umum. Keempat pola argumentasi pada teks eksposisi karya siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang sebagian besar berupa argumentasi yang terdiri atas klaim bukti dan kesimpulan yang saling mendukung disertai fakta-fakta pengantar. Hal ini sesuai dengan pola argumentasi milik Toulmin. Selanjutnya ditemukan pola argumentasi baru dengan aspek utuh tetapi tidak saling mendukung dan pola argumentasi tanpa adanya klaim.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/142591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |